NASA: Agustus Bulan Terpanas Sejak 1884

Panel surya terluas dunia, di Gurun Mojave, California Selatan, Amerika Serikat
Sumber :
  • www.escapistmagazine.com
VIVAnews
Soekarno-Hatta Airport Gets the Busiest Title in Southeast Asia
– Bila sebelumnya terdapat data bahwa Mei dan Juni merupakan bulan terpanas, ternyata itu bukan yang paling panas secara global. Berdasarkan data dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bawah ada sejumlah peningkatan mengenai suhu panas tersebut dan untuk saat ini bulan Agustus merupakan yang terpanas.

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

Dilansir
Bom Transfer Arsenal! Arteta Siap Rekrut Bintang Chelsea Idamannya
The Guardian , Rabu 17 September 2014, hasil laporan dari Goddard Institute for Space Studies, NASA, mencatat Agustus menjadi bulan paling panas sejak 130 tahun lalu dengan anomali 0,70 derajat celcius di atas suhu rata-rata tahun 1951 hingga 1990.


Peningkatan suhu panas di bulan Agustus tahun ini hampir mendekati statistik yang sudah terjadi panas di tahun sebelumnya yakni tahun 2003, 2006, 2008, dan 2011.


Suhu rata-rata itu diukur oleh Goddard Institute for Space Studies dengan menggunakan data dari kantor badan meteorologi pemerintah setempat yang dikumpulkan dari darat, laut, hingga satelit. Namun, rekor bulan terpanas itu masih dalam skala yang bisa meningkat lagi ke depannya.


“Masalah utama bagi iklim adalah bukan soal catatan bulan saja, melainkan akan menjadi tren jangka panjang,” kata Gavin Schmidt selaku Direktur Goddard Institute for Space Studies, NASA.


Dari studi yang dilakukan terlihat bahwa tahun 2014 menjadi salah satu tahun yang sangat hangat bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini dapat dilihat dari periode bulan Maret, Mei, Juni menjadi bulan-bulan yang bisa dikatakan memiliki temperatur suhu panas sejak tahun 1880.


Sebelumnya, prediksi awal tahun fenomena El Nino yang akan turut menaikkan suhu laut di Samudera Pasifik sehingga mengakibatkan efek cuaca buruk di secara global, kini telah memudar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya