Asean Skill Competition, Indonesia Targetkan Juara umum

Menakertrans Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • Erik Hamzah
VIVAnews
Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
- Asean Skill Competition (ASC) ke-10, akan kembali digelar di Hanoi, Vietnam pada 19-29 Oktober mendatang. ASC merupakan ajang adu keterampilan bagi pemuda-pemudia se-ASEAN. Kompetisi dua tahunan ini sudah diselenggarakan sejak 1993.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

"ASC ini paling bergengsi di tingkat ASEAN," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, saat mengunjungi persiapan delegasi Indonesia di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri (BBPLKLN) Bekasi, Selasa 16 September 2014.
Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget



Saat ini lanjut dia, di bidang skill atau keterampilan para angkatan kerja di Indonesia, sudah  menjadi standar kerja di tingkat ASEAN. Bahkan, pada ASC ke-9 tahun 2012 lalu saat menjadi tuan rumah, Indonesia berhasil menyabet juara umum.


"Saya berharap di Hanoi nanti kita bisa pertahankan juara umum," katanya.


Pada ASC ke-9 Indonesia keluar sebagai juara umum, dengan perolehan 19 medali emas, 12 medali perak, dua medali perunggu serta tujuh medali diploma. ASC di Hanoi Vietnam nanti, Indonesia akan menurunkan 115 delegasinya.


Di ajang itu akan dipertandingkan 22 kejuruan. Diantaranya, Mechatronics, IT Sofware Solution for Business, Mobile Robotic, Hair Dressing, Cooking, Industrial Automation dan lain sebagainya. Delegasi Indonesia yang mengikuti ASC merupakan hasil seleksi di tingkat Nasional. Mereka juga sudah mengikuti berbagai pelatihan.


Dari seluruh kejuruan yang ada di ASC, lanjut Muhaimin, akan dijadikan standar target pelatihan oleh Kemenakertrans. Muhaimin juga meminta agar penyelenggara pelatihan di pusat, daerah dan swasta bisa mengacu pada standar itu.


"Agar pasar menjadi sangat mudah buat tenaga kerja kita. Sehingga kita menghadapi Asean Economi Community nanti, kita bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya