Kuartal II-2014, Tablet Lenovo Tempel Ketat Asus

Peluncuran lenovo Yoga Tablet
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Pengapalan tablet secara global diperkirakan mencapai 52,4 juta unit pada kuartal kedua tahun ini. Data ini dipaparkan oleh perusahaan riset Strategy Analytics.

Meski angka penjualan tablet ini meningkat 5 persen dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya, tidak serta merta membuat Samsung dan Apple senang. Sebab, volume penjualan tablet kedua vendor ini turun cukup signifikan.

Dikutip melalui Cellular News, Jumat 29 Agustus 2014, dari lima vendor yang masuk dalam daftar teratas, hanya Asus dan Lenovo yang diketahui memiliki kenaikan angka penjualan pada kuartal ini.

Apple dan Samsung mengalami penurunan penjualan tablet. Penjualan tablet Apple turun 9,2 persen, sedangkan Samsung turun 5,3 persen. Namun begitu, keduanya masih mendominasi pasar tablet global dengan total pangsa pasar 41 persen. Apple menguasai pasar tablet dengan 25,3 persen, sedangkan Samsung menguasai 15,3 persen.

"Apple tidak pernah mengeluarkan model tablet terbaru. Ini membuat perusahaan mengalami penurunan yang cukup besar. Maka dari itu, semoga saja peluncuran produk terbaru dari Apple pada kuartal keempat ini bisa menambal kehilangan yang dialami Apple," kata Direktur Riset Pasar Tablet Strategy Analytics, Peter King.

Lebih lanjut King menambahkan, Lenovo justru mengalami kenaikan yang cukup berarti. Lenovo disebut berhasil membangun pasarnya di bisnis PC+ (smartphone dan tablet).

Meski meningkat dengan pesat, Lenovo harus mewaspadai adanya kompetisi yang kuat dari Asus. Hingga saat ini, Asus masih menduduki posisi 3 di pasar smartphone.

Pangsa pasar tablet Asus naik 23,7 persen sepanjang kuartal II-2014. Total pengapalan tablet vendor Taiwan itu mencapai 2,6 juta unit. Tahun sebelumya, hanya 2,1 juta unit tablet Asus terjual. Ini menjadikan Asus berada tepat di bawah Samsung dengan market share 4,9 persen.

Sementara itu, Lenovo berada di posisi ke-4 dengan 2,4 juta unit tablet terjual pada kuartal yang sama. Angka ini naik 60,5 persen dibanding kuartal sebelumnya yang hanya 1,5 juta unit. Posisi Lenovo membayangi Asus dengan market share 4,6 persen.

Apple mengapalkan 13,3 juta unit tablet pada kuartal ini, atau menurun dibanding kuartal yang sama tahun lalu, yang mencapai 14,6 juta unit. Selanjutnya, Samsung pas di angka 8 juta unit. Padahal, pada kuartal yang sama 2013, pengapalannya mencapai 8,4 juta unit.

Acer berada di posisi ke-5 dengan pangsa pasar 1,8 persen dengan penjualan 1 juta unit tablet. Angka ini turun 35,2 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 1,5 juta unit.

Total pangsa pasar 5 vendor Top 5 itu hanya mencapai 52 persen. Sisanya didominasi tablet "white box" atau tablet berharga murah buatan Tiongkok yang biasanya digunakan oleh para produsen tablet lokal.

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Tablet "white box" itu berkontribusi sekitar 48 persen dengan 25,2 juta unit. Naik 15 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yang mencapai 21,9 juta. (art)

Nyamuk aedes aegypti.

Kasus DBD Melonjak Tajam di Jakarta, Dinkes DKI Ungkap Penyebabnya

Dinas Kesehatan saat ini turun tangan untuk mengatasi persoalan kasus DBD di Jakarta, dengan menyosialisasikan para warga untuk melakukan gerakan 3M.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024