Anak Muda RI Cenderung Suka Internet Gratis

Orang Tua Asuh Online
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Pakar Internet Indonesia, Onno W. Purbo, mengatakan, anak muda sekarang cenderung menyukai hal-hal yang jahil dibandingkan misalnya belajar IP address. 
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

"Anak-anak sekarang itu suka hal yang menyerempet, misalnya diajarin hacker, pasti mereka mau. Nah, yang di-hack itu gurunya sendiri," ucap Onno sambil tertawa di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis 28 Agustus 2014. 
YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Padahal, menurut Onno, di balik seorang hacker atau peretas itu mempunyai banyak ilmu yang mesti dikuasai, salah satunya, ia mencontohkan, mengenai jaringan.
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Selain meretas, pria kelahiran Bandung, 17 Agustus 1962 ini menambahkan, anak muda Indonesia juga menyukai pelajaran tentang bagaimana mendapatkan internet secara gratis.

"Selain itu, bagaimana caranya menghasilkan uang dari internet. Itu semua yang saat ini sedang dicari oleh anak-anak," jelasnya.

Ditegur Yohannes Surya

Dalam kesempatan itu, Onno mengatakan, meski disebut sebagai pakar teknologi dan informasi di Indonesia, ia mengaku pernah ditegur salah satu tokoh peneliti terkemuka Indonesia, Yohannes Surya. Teguran itu terkait bagaimana mencerdaskan masyarakat Indonesia.

"No, kalau mau pinterin bangsa dengan cara datang ke orang-orang langsung, itu caranya salah. Butuh waktu lama," ungkap Onno yang menirukan teguran dari Prof. Yohannes.

Menurut Yohannes, imbuh Onno, untuk mengatasi problem itu, kuncinya yaitu mencerdaskan para gurunya. Nantinya, para guru itu bisa menularkannya ke murid-muridnya secara serentak.

"Kalau mau bikin pinter bangsa Indonesia itu, lewat gurunya," jelasnya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya