Ingin Tahu Berapa Traffic Tweet Anda, Cek di Sini

Media sosial Twitter dan Facebook
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews - Ingin tahu seberapa banyak respons dan data analitik tiap tweet di akun Twitter Anda? Ada kabar gembira. Twitter dikabarkan telah membolehkan layanan analitik tiap tweet untuk bisa dipakai secara luas oleh pengguna Twitter. 

Dengan analitik itu, setiap pengguna Twitter bisa melihat bagaimana profil tweet di Twitter. Seberapa banyak pengguna lain yang melihat tweet Anda, sampai berapa banyak yang benar-benar mengklik tautan yang Anda tweet di Twitter.

Melansir TechCrunch, Kamis, 28 Agustus 2014, Twitter memang telah meluncurkan Twitter Analytics, alat analitik mirip Google Analytics pada Juli lalu. 

Saat awal peluncuran, alat analitik itu hanya bisa digunakan oleh para pengiklan dan pengguna yang telah terverifikasi oleh situs mikroblog itu. 

Namun kini Twitter mau memperluas akses analitik ke pengguna. Kabar itu disampaikan oleh Ian Chan, teknisi analitik, platfrom dan web Twitter. 

"Benar-benar menyenangkan membuka akses analytics.twitter.com kepada semua orang. Cek segera dan biarkan kami mengetahui apa yang Anda pikirkan," tulis Chan dalam akun Twitternya, @chanian

Pada dashbroad analitik Twitter itu, pengguna bisa memantau tiap tweet, balasan tweet, maupun tweet promosi. 

Analitik juga menampilkan analisis tingkat keterlibatan pengguna. Semua analitik itu didasarkan pada tweet dalam 28 hari terakhir. Tampilan analitik disajikan dalam bentuk tabel dan grafis. 

Tampilan analitik Twitter


Tweet bahasa asing

Tapi sayangnya, berdasarkan ketentuan Twitter, akses analitik Twitter akan mengutamakan pada pengguna yang tweet-nya dalam bahasa Inggris, Prancis, Jepang atau Spanyol. Tidak diketahui apa alasan ketentuan ini. 

Selain itu, ketentuan lain agar pengguna bisa melihat hasil analisis tweet mereka adalah akun Twitter aktif setidaknya dalam 14 hari, akun tidak melanggar kebijakan iklan Twitter, serta akun tidak dicabut, dibatasi dihapus atau diproteksi. 

Tapi Twitter berjanji akan memberikan akses analitik ini kepada semua pengguna. 

"Kami tengah berupaya menggelar (layanan) ini segera ke semua orang," tulis Twitter dalam ketentuan dashboard aktivitas tweet. (ms)
Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM
Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Pelanggaran ganjil genap itu terekam kamera ETLE.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024