Xiaomi Ungkap Resep Kalahkan Apple dan Samsung

Redmi Note
Sumber :
  • Amal/Vivanews
VIVAnews
Umat Buddha Akan Rayakan Waisak 2568 BE dengan Tema Kesadaran Atas Keberagaman
- Vendor ponsel pintar asal Tiongkok, Xiaomi, tengah menjadi perbincangan di pasar ponsel dunia. Perusahaan yang baru didirikan empat tahun lalu itu sudah mengalahkan penjualan smartphone Apple dan Samsung di dalam negerinya, Tiongkok.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Hal Ini

President Xiaomi, Lin Bin, Rabu 27 Agustus 2014, mengungkapkan resep menjungkalkan Apple, Samsung dan smartphone asal Tiongkok lainnya, usai peluncuran debut Redmi 1S di Jakarta.
Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi


Bin mengatakan, kuncinya dengan menghadirkan integrasi pengalaman pengguna dalam tiga pilar yang dimiliki yaitu software, hardware dan layanan internet.


"Kuncinya, saya katakan ada pada bisnis model, pengalaman pengguna pada software, dan hardware," kata dia.


Bin membeberkan salah satu wujud menghadirkan pengalaman yang nyaman itu yakni antarmuka khas Xiaomi, MIUI. Menurutnya dengan antarmuka itu mampu mendorong popularitas produk Xiaomi.


"MIUI adalah proyek pertama kami. Kami mulai dari 100 pengguna tapi kami bahagia merayakan itu," bebernya menceritakan pengembangan awal MIUI yang dirilis pertama pada 16 Agustus 2010 lalu.


Dan kini, kata Bin, saat ini sudah ada 70 juta pengguna aktif MIUI seluruh dunia. Bahkan, kini MIUI telah tersedia dalam 28 bahasa dan 26 fans club di seluruh dunia.


"Ini adalah fakta bahwa ekosistem MIUI sangat fenomenal," ujarnya.


Bin mengatakan di Negeri Tirai Bambu, anggota fans club MIUI sudah menembus 28 juta dengan lebih dari 204 juta postingan terkait antarmuka khusus Xiaomi itu.


Tak heran jika kemudian Xiaomi mampu menguasai pasar ponsel pintar di Tiongkok dalam waktu yang cepat.


Xiaomi mengungkapkan, berdasarkan data per kuartal kedua 2014, kini perusahaan itu menguasai pangsa pasar di Tiongkok dengan raihan 14 persen, diikuti Samsung (12 persen), Lenovo (12 persen), Yulong (12 persen), Huawei (11 persen) dan popularitas Apple yang masuk dalam pangsa 39 persen bersama ponsel pintar lainnya.


Dalam kesempatan itu, Bin menyampaikan saat ini total waktu yang dihabiskan pengguna pada layar Xiaomi mengalahkan waktu Apple, Samsung, HTC dan produk smartphone lainnya.


"Kami sudah lakukan studi pada awal tahun ini. Ternyata waktu yang dihabiskan pada produk kami sudah melebihi Apple. Kami menyadari kenapa orang menghabiskan waktu di ponsel," kata dia.


Selain itu, Bin juga memberi kredit pada pemasaran unik melalui platform internet dan media sosial. Postingan pemasaran produk Xiaomi akhirnya menjadi
booming
.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya