Hyperlapse, Video di Instagram

Apple iPhone 5S
Sumber :
  • imore.com
VIVAnews
Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
- Instagram mengumumkan diluncurkannya Hyperlapse, sebuah aplikasi terpisah yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi video time-lapse langsung dari perangkat mobile mereka.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

Time-lapse merupakan sebuah teknik videografi, di mana video ditangkap dalam frame-rate yang lebih rendah dari normal, lalu diputar dengan frame-rate standard.
Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi


Dengan demikian, satu adegan yang membutuhkan waktu yang lama, seperti proses saat bunga sedang mekar, dapat disaksikan dan terjadi secara real-time. Misalnya, pengguna dapat merekam Matahari terbit secara perlahan dan menggunakan Hyperlapse untuk memutar adegan Matahari terbit hanya dalam hitungan detik.


Hyperlapse menawarkan pengambilan momen pergerakan yang luas, namun pelan, seperti pergerakan awan, keramaian, atau pemandangan alam dari dalam kendaraan.


Mengutip
Mashable
, Rabu 27 Agustus 2014, secara tradisional, video time-lapse tergantung pada ponsel atau kamera pengguna saat mengambil video.


Namun, Instagram menyebutkan, dengan fitur Hyperlapse, akan jadi berbeda. Kunci Hyperlapse disebutkan yaitu teknologi
image stabilization
. Rekaman video yang tidak stabil dapat distabilkan dan diperhalus secara instan, untuk memberikan tampilan sinematis.


"Dengan fitur Hyperlapse Instagram dengan teknologi stabilization memungkinkan Anda menciptakan gerak time lapse yang hasilnya mirip sebuah sinema, berkualitas dan bisa mendapatkan feel yang sebelumnya hanya mungkin didapatkan dari perangkat mahal," ujar Instagram dalam pengumuman resmi di blognya.


Sebelum menikmati hasilnya, pengguna diharuskan mengunduh aplikasi Hyperlapse. Selanjutnya, pengguna bisa mengetuk layar untuk merekam, dan mengetuk sekali lagi untuk menghentikan rekaman. Tanpa perlu log in.


Pengguna dapat leluasa memilih kecepatan
playback
, sehingga membuat kecepatan video jadi 12 kali lebih cepat.


Video Hyperlapse dapat langsung dibagikan melalui akun Instagram atau pun akun Facebook pengguna hanya dalam sekali ketuk, atau cukup dengan menyimpan video tersebut di perangkat smartphone masing-masing untuk diakses di lain waktu.


Sayangnya, Hyperlapse buatan Instagram ini baru tersedia untuk platform iOS dan bisa diunduh gratis di AppStore. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya