Aplikasi Ini Mungkinkan Kirim Uang Melalui Teks

Mekanisme pengiriman uang melalui Square Cash
Sumber :
  • www.theverge.com
VIVAnews - Era digital saat ini bukan hanya soal perangkat saja. Mekanisme pembayaran online kini sudah diadopsi di berbagai negara. Pembayaran digital misalnya memudahkan pengguna yang tak perlu repot membawa uang tunai. 
Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Di Amerika Serikat, sudah jamak dilakukan pembayaran digital. Bahkan sudah muncul aplikasi khusus pembayaran digital yang mudah bagi pengguna. Aplikasi itu adalah Cash, besutan Square, perusahaan solusi bisnis dan pemproses kardu kredit. 
KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Melansir Cnet, Rabu 27 Agustus 2014, kini pembaharuan aplikasi Cash memungkinkan pengguna mengirimkan uang melalui teks atau email. Aplikas pembayaran digital ini bahkan bisa berjalan meski penerima uang tidak menginstal aplikasi ini. 
Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

Untuk menggunakan aplikasi, The Verge menggambakan pengirim uang cukup mengirim email ke seorang teman atau tujuan yang dikirim, dengan mengetikkan jumlah uang yang akan dikirim pada subjek email. Pengirim juga harus men-cc pesan email itu ke cc@square.com. 

Disebutkan jika pengguna baru pertama kali menggunakan layanan ini, maka diharuskan mengakses situs Square untuk menuliskan nomor kartu debit. Setelah itu, pengguna bisa mengirimkan uang melalui email. Tanpa perlu membuat akun tertentu, mengunduh aplikasi, menambahkan teman atau menuliskan akun perbankan.

Aplikasi yang diluncurkan sejak November tahun lalu itu terbilang cukup sukses. Sebab, kurang dari setahun, Square mengatakan orang telah menggunakan Cash App untuk mengirim dan menerima trafik ratusan juta dolar. Disebutkan lebih dari seperempat total transaksi Cash dikirim lintas kota dan negara bagian. 

"Orang menggunakan aplikasi gratis Cash untuk membayar biaya liburan, tagihan makan malam, sampai mendanai barang sekolah, buku teks," tulis Square dalam blog perusahaan. 

Perusahaan menyebutkan aplikasi ini memudahkan pengelolaan uang kelompok dalam pembayaran pada koleksi tim olahraga, pesta dan acara lain.

Meski terlihat gampang dan mudah, penggunaan aplikasi pengiriman uang secara digital ini terdapat risiko keamanan. Pengguna harus memastikan keamanan password, alat otentifikasi, akun email, sebelum menggunakan aplikasi. Mengingat berjalan di email, layanan pengiriman uang ini disangsikan keamanannya. Namun Square memastikan pembayaran ini aman.

"Saat kami mengembangkan produk ini, kami semua berpikir hal yang sama (kerentanan keamanan di email). Tapi produk ini 100 persen aman. Tak seorang pun mendapatkan keuntungan dengan penipuan (atas layanan)," tegas Brian Grassadonia, manajer produk Square Cash tahun lalu dikutip The Verge. 

Aplikasi Cash sejauh ini hanya tersedia di pasar Amerika Serikat saja.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya