Kabel USB pun Dilengkapi Kondom Pelindung

Kondom untuk USB
Sumber :
  • Daily Mail/Crowd Suply
VIVAnews
CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi
- Semakin majunya teknologi semakin tinggi pula resiko yang dihadapi pengguna. Tak ayal, pengguna harus dilengkapi perlindungan ekstra untuk mencegah pencurian data pribadi oleh peretas.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Kini para ahli teknologi telah membuat sebuah perangkat 'USB Kondom' yang diklaim mampu memberikan rasa aman akan data pribadi saat sedang terkoneksi dengan perangkat lainnya.
Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut


Seperti yang diberitakan
Daily Mail
, Rabu 27 Agustus 2014, USB Kondom ini memang dirancang khusus oleh Crowd Supply. Perangkat ini memungkinkan pengguna dapat terkoneksi melalui ponsel atau tablet ke port USB asing tanpa takut terkena resiko bakal terinfeksi virus.


Hal ini disebabkan Crowd Supply telah memberikan semacam tameng penghalang antara perangkat USB dengan peretas yang mencoba mencuri data pribadi. Hacker biasanya berupaya mengunduh secara otomatis data di dalam gadget pengguna ketika USB terkoneksi dengan perangkat asing.


Perusahaan keamanan, Kapersky pun mengingatkan kepada para pencinta gadget akan hal tersebut. "Jika ponsel pintar secara otomatis terhubung ke media lain, ini akan membuat semua file di penyimpanan internal mudah diakses ke PC," katanya.


Secara tampilan, kondom USB ini dibekali dua ujung kepala yang berbeda dengan balutan casing pelindung tunggal. Masing-masing kepala mempunyai fungsi yang berbeda, satu sisi melayani penyediaan listrik atau charger daya, sementara satunya lagi untuk transfer data.


Sehingga, ketika suatu 'gejala' pencurian data di gadget pengguna mulai terdeteksi, secara otomatis koneksi data akan terputus meski masih terhubung dalam kabel daya.


Pihak perusahaan terkejut akan respons yang didapatkan dari antusiasnya masyarakat terhadap produk mereka. Awalnya produk ini hanyalah sebuah prototipe untuk percobaan uji keamanan perusahaan. Bahkan perusahaan tidak pernah terpikir lebih dari itu.


Saat ini, USB Kondom telah dijual oleh kelompok informasi keamanan, Xipiter, secara online. Per unitnya dibandrol US$10. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya