Panel Surya Terbesar Dunia Ini Panggang Ribuan Burung

Panel surya terluas dunia, di Gurun Mojave, California Selatan, Amerika Serikat
Sumber :
  • www.cbc.ca/Steve Marcus-Reuters
VIVAnews - Panel surya dikenal sebagai teknologi hemat energi bumi, karena menghasilkan listrik dengan memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumbernya. Namun, sayang tempat panel surya ini malah mengancam makhluk hidup lainnya. Panel pembangkit listrik terbesar di dunia di Ivanpah, di Gurun Mojave, California Selatan, Amerika Serikat dikhawatirkan menghasilkan panas yang luar biasa.
Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Melansir laman Escapistmagazine.com, Jumat 22 Agustus 2014, sekitar 300 ribu panel surya yang ditanam di Ivanpah itu bisa memancarkan panas hingga 1.000 Fahrenheit setara 537,7 derajat celcius. Tak pelak, tingkat panas itu dapat menewaskan burung yang terbang diatasnya.
Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

"Sekitar 1.000 burung bisa mati setiap tahunnya dengan terbang diatas cermin," kata BrightSource Energy yang tak lain adalah operator pabrik Ivanpah. 
Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Bahkan angka kematian burung tersebut bisa meningkat lebih banyak lagi.  Pusat Keangekaragaman Hayati AS mengatakan angka kematian tahunan itu bahkan bisa mendekati 28 ribu ekor, akibat keberadaan panel surya.

Ancam Pesawat

Diketahui, burung-burung yang melayang terbang diatas ada yang bulunya gosong terbakar, bahkan ada yang mati terbakar.

BrightSource Energy tak menampik panasnya yang dipancarkan dari panel solar ini dapat pula mengancam terhadap pesawat yang melintas diatasnya.

Meskipun fasilitas Ivanpah baru dibuka Februari tahun ini, nyatanya data ancaman kematian yang lebih besar itu yang menarik pemerintah setempat, khususnya Departemen Pelayanan Perikanan dan Kehidupan Satwa Liat Amerika Serikat (FWS). 

Panel surya terluas dunia, di Gurun Mojave, California Selatan, Amerika Serikat

Panel surya terluas  dunia di Amerika Serikat

Departemen itu menginginkan jumlah yang lebih akurat  lagi mengenai kematian satwa liar terkait panel surya itu, sehingga dapat memberikan solusi yang efektif terkait permasalahan tersebut.

Fasilitas panel surya di Ivanpah diketahui memiliki luas lahan mencapai 3.500 hektar, dengan lebih dari 300 ribu cermin penel surya itu dapat memasok energi listrik di 140 ribu rumah. 

Ivanpah yang diperkirakan mengeluarkan dana sebesar US$2,2 miliar itu diyakini mengurangi emisi karbondioksida hingga 400 ribu ton per tahun.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya