Ini Tampang Tank Canggih Masa Depan Militer AS

Gambar konsep tank masa depan militer AS
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk
VIVAnews - Militer Amerika Serikat merilis gambar konsep tank masa depan. Salah satu alat sistem petahanan utama masa depan itu akan memiliki desain lebih kecil dengan kemampuan yang lebih canggih.
Menkominfo: Hampir 92% Kebisingan Ruang Digital Isinya Buzzer

Petinggi militer AS mengakui model tank saat ini menjadi kendala bagi tentara untuk menjalani pertempuran. Kendaraan lapis baja saat ini dinilai terlalu berat dan besar. 
Menteri Budi Arie Sebut Kominfo Take Down Ribuan Hoaks Soal Pemilu 2024

Untuk itu, militer AS menginginkan tank model masa depan yang lebih simpel dalam hal desain dan ukuran dibanding tank saat ini. Tank masa depan nantinya akan 50 persen lebih kecil dan ringan dibandingkan tank saat ini.
Shanju Lalukan Hal Tak Terduga Saat Jonatan Christie Raih Gelar Juara All England 2024

Mengutip Daily Mail, Rabu 20 Agustus 2014, konsep kendaraan lapis baja masa depan itu adalah GVX-T. 

"Selama 100 tahun peperangan mekanik, perlindungan bagi kendaraan tempur lapis baja berbasis darat dan penumpangnya meyakini bahwa kendaraan makin berlapis baja berarti makin memberikan perlindungan," ujar Darpa, lembaga riset militer AS. 

GVX-T memiliki kemampuan persenjataan yang lebih cepat dibanding penetrasi pada tank sebelumnya. Kecanggihan lain, tank masa depan itu juga jauh lebih dikendalikan, dengan bantuan alat kamera seperti head-up, pada atap kendaraan. Ini memudahkan dalam pengendalian sekitar kendaraan. Dari sisi interior kendaraan, juga dilengkapi panel yang lebih futuristik.

Gambar konsep tank masa depan militer AS

Konsep GXV-T

Selanjutnya dari sisi perlindungan terhadap tank, GXV-T mengusung perlindungan ganda, yaitu menghindari penetrasi musuh, menghindari tembakan, sampai deteksi. 

Tak heran jika kemudian tank masa depan ini didesain sebagai 'rencana-X untuk tank'. Rencana ini juga diplot untuk mengembangan berbagai kendaraan militer baru. 

"Tujuan GXV-T tak hanya untuk memperbaiki atau mengganti satu kendaraan tertentu, ini memecahkan paradigma yang lebih punya kemampuan baja dan merevolusi perlindungan bagi semua kendaraan tempur lapis baja," kata Kevin Massey, Manager Program Darpa. 

Misi program X itu terinspirasi oleh program yang sama untuk peningkatan kemampuan peawat selama 60 tahun terakhir. 

"Kami berencana untuk mengejar terobosan penelitian dan pengembangan dasar untuk membantu membuat kendaraan tempur lapis baja di masa depan secara signifikan lebih mobile, efektif, aman dan terjangkau,"  kata Massey.

Darpa menambahkan militer AS kini tengah mengembangkan kendaraan tempur yang lebih mobile, mampu membawa logistik lebih ringkas, kendaraan taktis mobile, strategis, mampu lebih bertahan tapi dengan biaya yang tak mahal.

"Militer AS sedang berada pada titik di mana membutuhkan inovasi untuk menjamin kelangsungan operasional kendaraan tempur lapis baja generasi berikutnya," ujar Darpa.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya