Begini Bentuk Rumah Masa Depan di Planet Mars

Sumber :
  • 21stcentech.com
VIVAnews - Mimpi menghadirkan kehidupan manusia di Mars sudah digelorakan oleh lembaga antariksa dunia yaitu Mars One, sebuah badan antariksa swasta asal Belanda dan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). 
Kampung Bahari Kembali Diacak-acak Polisi, 7 Bandar Narkoba jadi Tersangka

Mars One berambisi mewujudkan koloni manusia di Planet Merah sementera NASA bekerja keras mengirimkan misi manusia ke Mars untuk melihat sejauh mana prospek planet itu untuk mendukung kehidupan manusia di masa depan. 
Pengakuan Shin Tae-yong Usai Jordi dan Elkan Baggott Tak Bisa Main Lawan Vietnam

Meski ambisi dan mimpi tersebut masih cukup jauh, tapi itu tak menghentikan upaya mempersiapkan kehidupan di Mars. Termasuk mempersiapkan bagaimana konsep tempat tinggal manusia di Mars.
DKI Jakarta Buka Mudik Gratis ke 19 Kota, Catat Tanggal dan Cara Daftarnya

Nah, belum lama ini, NASA dan Makerbot--perusahaan percetakan 3D Amerika Serikat--mengadakan Tantangan Mars Base, kontes untuk merancang tempat habitat manusia. 

Rancangan 'rumah' di Mars itu bisa dibuat dari material yang ditemukan di Mars maupun material yang dibawa dari Bumi, seperti dikutip dari Cnet edisi Selasa 19 Agustus 2014.

Kontes itu nyatanya menarik peminat. Tercatat ada 228 pengajuan konsep tapi hanya dipilih 3 yang terbaik. 

Konsep desain pertama yang dipilih yaitu konsep ciptaan Noah Hornberger, The Queen B. Konsep 3D ini mirip dengan sarang lebah, dengan terdiri apartemen dua kamar tidur, dua kamar mandi dengan 6 ruangan samping yang terletak pada kisi-kisi segi enam. 

Desain rumah di Planet Mars

Desain The Queen B

Desain The Queen B dirancang untuk melindungi radiasi kosmik manusia yang akan terpapar di bawah atmosfer Mars. Kunci pelindung ini adalah panel uranium. Desain ini juga memberikan kehangatan melalui pipa air yang melalui dinding desain. Hal ini menghasilkan panas dengan reaktor kimia eksotermik bawah tanah.

"Ini jelas merupakan sebuah tantangan yang beragam. Saya telah mencoba berpikir melalui teori desain saya sebanyak mungkin dan membuktikan dengan model cetakan. Saya merancang sesuatu yang akan membuat kehidupan menyenangkan setidaknya dalam beberapa tahun," tulis Hornberger. 

Desain kedua tak kalah menarik, berbentuk piramida yang dinamakan Martian Pyramid karya Valcrow. 

Konsep ini dirancang untuk perumahan dan bangunan ketahanan yang menjalankan sistem tertentu guna menumbuhkan bahan makanan. Kunci desain ini yaitu menggunakan panel surya sebagai sumber energi dan membangun pusat kolam penyimpanan air. 

Desain rumah di Planet Mars

Desain Martian Pyramid

Hampir mirip, konsep ketiga ini terlihat seperti piramida. Desain bernama Mars Acropolis itu dirancang insinyur desain Christ Starr, terbangun pada struktur tiga lapisan. Konsep ini dibangun dari material campuran.

Pada bagian interior, konsep ini terdapat tiga rumah kaca yang dipatok untuk sumber makanan terbarukan dan sumber oksigen. Pada lapisan terbawah dimanfaatkan untuk penyimpanan generator oksigen dan memasok tangki. Untuk bagian puncak desain, terdapat menara air yang berfungsi mengumpulkan uap air dari atmosfer Mars. 

Desain rumah di Planet Mars

Desain Mars Acropolis 

Hasil ini benar-benar disambut secara antusias oleh Makerbot. 

"Kami benar-benar menyukai desain dalam Tantangan Mars Base yang sering terinspirasi oleh struktur di bumi yang tahan dari waktu dan elemen cuaca keras," kata CEO Makerbot Bre Pettis.  (ita)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya