Tampang Smartphone Pertama di Dunia, Umurnya 20 Tahun

IBM Simon Smartphone
Sumber :
  • BBC
VIVAnews
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat
- Siapa yang tahu bagaimana bentuk ponsel pintar ketika pertama kali dipasarkan? Bentuknya kotak panjang dan berukuran tebal.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

IBM merupakan vendor pertama yang menggelontorkan smartphone ke pasar. Diberi nama IBM Simon. Smartphone itu dilempar ke publik pada 16 Agustus 1994, 20 tahun yang lalu.
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia


Meski tidak dilengkapi dengan wifi atau koneksi internet seperti layaknya smartphone jaman sekarang, IBM Simon merupakan perpaduan ponsel dengan fitur serta teknologi komputasi. Tambahan stylus, tentunya.


"Kala itu, Simon tidak disebut sebagai smartphone. Hanya 'ponsel'. Meski di dalamnya memiliki fitur layaknya ponsel pintar," ujar kurator Museum Sains di London, Charlotte Connelly, seperti dikutip melalui
BBC
, Senin 19 Agustus 2014.


Untuk menandai ulang tahun kemunculannya 20 tahun lalu, Museum Sains London memamerkannya ke publik, lengkap dengan detil informasi mengenai Simon.


"Di dalamnya ada kalender, bisa menulis dan menyimpan catatan, mengirim email dan juga pesan. Ini merupakan kombinasi ponsel dan komputasi," tambah Connelly.


Ukurannya yang besar dan tebal membuat Simon tidak cocok untuk dijadikan gadget untuk di kantong. Beratnya saja sekitar 500 gram. Namun begitu, Connelly percaya jika desain Simon merupakan yang paling modern saat itu.


"Mirip seperti batu bata. Tapi ini tidak sebesar yang anda kira. Dilengkapi dengan stylus dan layar LCD berwarna hijau, ukurannya sama dengan layar iPhone 4. Tidak terlalu jelek," jelasnya.


Kisaran Harga


Pioner produk buatan IBM ini merupakan ponsel pertama yang memiliki fitur aplikasi software. Dia juga bisa terhubung dengan mesin fax.


Saat itu, pendistribusiannya hanya terbatas untuk pengguna di Amerika Serikat. Tepatnya hanya di 15 jaringan wilayah dan terjual sekitar 50.000 unit.


Perangkat ini memang cukup populer di jamannya, tapi hanya di kalangan pebisnis. Komunitas pengusaha itu memang membutuhkan alat komunikasi mobile yang berukuran tiga kali lebih kecil dari ukuran komputer mini. Karena hanya pebisnis yang mampu membeli ponsel ini, maka antusiasme masyarakat tidak terlalu hebob seperti jaman sekarang.


"Daya tahan baterainya hanya satu jam. Harganya mencapai US$899 dan tidak dilengkapi dengan mobile internet saat itu karena memang tidak ada. Jadi ini tidak begitu sukses di pasarkan di era 1990an," papar Connelly.


Simon akan dipamerkan di Museum Sains London pada Oktober. Ini merupakan bagian dari eksibisi di museum pertama di Inggris yang didedikasikan untuk sejarah teknologi informasi dan komunikasi.


Sebanyak 800 objek akan dipamerkan untuk menggambarkan bagaimana komunikasi terjadi dalam kurun 200 tahun belakangan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya