Robot Ikan Ini Gantikan Deterjen di Mesin Cuci

Robot Fish Electrolux
Sumber :
  • Electroluxdesignlab
VIVAnews
Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?
- Seorang desainer industrial asal Korea Selatan, Chan Yeop Jeong baru-baru ini menciptakan sebuah konsep mesin cuci unik. Dia bergabung dalam tim di Electrolux Design Lab.

Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Padam Setelah 16 Jam

Desain konsep ini dinamakan Pecera. Mesin cuci ini nantinya mampu mencuci pakaian tanpa menggunakan detergen, melainkan menggunakan robot ikan. Robot ini yang akan memakan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada pakaian.
Iran Berhasil Tangkis Serangan Israel


Dikutip
HillPost
, Jumat 15 Agustus 2014, koleksi robot ikan yang dinamakan Dofi ini menawarkan konsumen cara lain mencuci pakaian yang jauh lebih efektif dan ramah lingkungan. Inspirasinya datang dari spa ikan.


Seperti diketahui, spa ikan memungkinkan hewan tersebut memakan sel-sel kulit mati dan kulit kering pada kaki yang membuat kaki lebih bersih juga sehat. Perbedaannya adalah Dofi bekerja dari kekuatan
hydroelectric
dan membersihkan pakaian dengan mendeteksi kotoran melalui kamera kecil yang dipasang.


Robot ikan ini juga didesain memiliki mulut yang bentuknya bulat sehingga mampu menghisap kotoran. Sedangkan
jelly
berisi cairan
alkaline
di tiap Dofi memecah dan menyerap molekul kotoran. Saat menyentuh serat pakaian,
jelly
tersebut akan melonggarkan serat pakaian dan menyerap seluruh kotoran yang menempel.


Penggunaan detergen yang umum di saat mencuci pakaian juga sering kali mengakibatkan oksidasi dan warna pakaian yang luntur. Dengan menggunakan mesin cuci tersebut konsumen tak perlu menggunakan detergen sehingga dua hal tadi tidak akan terjadi.


Ini tentu saja membuat lega konsumen karena bahan pakaian mereka tidak rusak saat dicuci. Tanpa detergen, biaya kebutuhan rumah tangga pun berkurang. Mereka yang memiliki kulit sensitif dan alergi detergen pun tak perlu was-was. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya