Z3, Smartphone Rasa Indonesia yang Sesungguhnya.

BlackBerry Z3 Jakarta
Sumber :
  • www.blackberry.com

VIVAnews - Dalam produk teranyar mereka, BlackBerry menggunakan embel-embel Jakarta Edition. Ini sama halnya seperti BlackBerry Bold 9900 (Dakota) dan Bold 9700 (Bellagio).

Dengan mengetahui keberadaan masyarakat Indonesia yang gemar bersosialisasi. BlackBerry meluncurkan produk edisi khusus, yakni BlackBerry Z3 Jakarta Edition.

Dari namanya sudah jelas, produk teranyar itu miliki sentuhan Indonesia. Terbukti dalam produksinya, di balik smartphone itu yang dituliskan 'Jakarta Edition'. Jakarta Edition diproduksi secara terbatas, sekitar 25 ribu unit saat awal peluncuran. Meskipun demikian, ponsel ini tetap dijual secara global meski tidak ada 'Jakarta Edition'.

Sensasi sentuhan pertama ketika menggenggam Z3 ini, cukup nyaman dan pas dalam tangan dengan ukuran lebar 72,8 milimeter, ketebalan 9,26 milimeter, dan tingginya 140 milimeter. Beratnya pun hanya 164 gram.

Ganas, Oxford United Catat Rekor Kemenangan Terbesar

Dengan model ukuran seperti itu, Z3 yang didukung layar sentuh 5 inch memungkinkan pengguna untuk berakselerasi menggunakan ponsel ini dengan nyaman. Ukurannya pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Bahan materialnya pun tidak licin di permukaan belakang ponsel melainkan terasa kesat seperti bahan karet, membuat pengguna tak khawatir ponsel ini mudah terjatuh.

Desain

Di bagian depan, Z3 ini tak full dengan dominasi layar sentuh, hanya ada kamera depan 1,1 MP yang terpajang di bagian atasnya dan tulisan BlackBerry dengan warna silver di bagian bawahnya. Hal itu menandakan ada kesan simple untuk disematkan pada ponsel ini.

Untuk sisi ponsel terdapat tombol power, pengatur volume, dan voice dialing. Sedangkan di sisi kanannya, terdapat slot untuk memasukkan kartu SIM dan micro-SD yang bisa menampung hingga 32Gb.

Catatan, kartu SIM di ponsel ini harus dipotong terlebih dahulu karena slot yang disematkan adalah untuk micro-SIMcard.

Untuk sisi atas dan bawah terdapat jack audio 3,5 milimeter dan micro USB. Lalu, ada sound yang terpasang di belakang ponsel di sudut kanan bawah.

Desain keseluruhan BlackBerry Z3 ini ada sisi kakunya dengan sudut dan garis tegas yang menyerupai persegi panjang, tidak ada lengkungan di sudut-sudutnya.

Ketika menghidupkan BlackBerry Z3 ini membutuhkan waktu sekitar 40 detik. Setelah itu pengguna akan dimanjakan dengan kualitas cahaya resolusi HD 540 x 960 dengan kerapatan layar 220 ppi. Resolusi ini menghasilkan tampilan tajam dan jernih untuk dipandang. Ponsel pintar ini mempunyai sistem operasi BlackBerry versi 10.2.1.

Fitur lokal

Seperti namanya, Jakarta Edition, ponsel ini mempunyai fitur lokal yang diunggulkan. Ini bisa dilihat dari BlackBerry Messenger (BBM) yang terdapat sticker tokoh pewayangan punawakan seperti Petruk, Gareng, dan Semar. Sticker ini merupakan rancangan asli seniman asal Indonesia.

Selain itu juga, ada bahasa Jawa dan bahasa Sunda dalam pilihan input language keyboard. Bahkan, bahasa tersebut bisa dikombinasikan secara bersamaan.

Meskipun papan tombol bernuansa QWERTY, hal itu bisa diubah menjadi ZERTY ataupun QWERTZ sesuai kenyamanan pengguna. Selain itu, ada ketikan otomatis, dimana keyboard akan mengetahui kata yang ingin diketik, sehingga dapat mengetik lebih cepat. Hal ini, menjadi perhatian khusus karena terkadang sering melakukan kesalahan kata, bila belum terbiasa dengan menggunakan metode tersebut.

BlackBerry rasa Indonesia ini dipersenjatai dengan prosesor Dual core 1,2 GHz Qualcomm MSM8230, RAM 1,5Gb, memori internal 8Gb, kamera depan 1,1 megapiksel dan kamera belakang 5 megapiksel. Dengan kamera depan tersebut, kita dapat men-zoom out hingga lima kali untuk mendapatkan objek yang jaraknya cukup jauh dan dimaksimalkan dengan auto fokus.

Puncak Arus Balik, Banyak Pemudik Keletihan Pilih Tidur di Pelabuhan Bakauheni

Namun sayang, setiap jepretan ketika zoom out tersebut selalu ada gambar yang tidak maksimal. Untuk itu, disarankan untuk sabar saat menangkap gambar sebelum fokusnya bekerja.

Dalam kamera tersebut, kita bisa pula mengatur mode pemotretatan normal dan stabilitas, dapat pula mengatur secara otomatis, malam, ataupun pantai salju. Selain itu, pengguna dimungkinkan memilih dua ukuran resolusi yaitu 1080pixel atau 720pixel. Bila keadaan gelap dan minim cahaya, Z3 memiliki lampu flash dapat membantu menangkap gambar dengan jarak dua meteran.

Ponsel ini pun mendukung perekaman video dengan kualitas 720pixel, pengguna dapat merekam aktifitas dengan kualitas mumpuni.

Fitur Lain

Bila berbicara fitur, ada beberapa fitur bawaan seperti multimedia, BlackBerry Hub, Email, Documents To Go, BBM, Facebook, twitter, LinkedIn, foursquare, Youtube, Cuaca, Peta/Navigasi.

Saat melakukan browser, ada fitur tab, yang memudahkan pengguna untuk membuka situs lebih dari satu.

Di ponsel pintar ini juga tersedia layanan Wifi. Bilamana jaringan wifi cukup buruk atau dirasa lambat, maka ada semacam pemberitahuan untuk wifi lainnya yang cukup kuat.

Dalam Z3 ini tersedia semacam pengujian perangkat, yaitu aplikasi BlackBerry Virtual Expert. Aplikasi ini memungkinkan pengguna melalui uji pemecah masalah yang dirancang untuk membantu mengindentifikasikan masalah yang terkait dengan perangkat keras.

BlackBerry cukup dikenal dengan tingkat keamanannya. Pada Z3 ini ada perlindungan sandi, kunci layar, mode tidur, dan teknologi yang menawarkan profil khusus, yang di mana pengguna dapat memilah dan mengamanatkan data pribadi yang ingin dilindungi.

Untuk memanjakan pengguna, Z3 memiliki baterai non-lepas 2500mAH, dengan waktu bicara hingga 15,5 jam dan dalam keadaan siaga sampai 16 hari. Sedangkan, untuk pemutaran audio mencapai 84 jam dan pemutaran video hingga 10 jam.

Dengan berbagai aspek kelebihan yang cukup high end, BlackBerry Z3 ini cukup terjangkau bagi para konsumen, di mana hanya dijual kisaran Rp2 jutaan. (asp)

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Ramai Disebut Diadopsi Raffi Ahmad-Nagita Slavina, Akhirnya Terungkap Wajah Gemas Bayi Lily

Isu pasangan tersebut mengadopsi bayi perempuan bernama Lily, bermula saat Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Rafathar dan Rayyanza berlebaran di rumah Rieta Amalia.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024