Penguin Purbakala Ini Lebih Tinggi dari Manusia

Penguin Afrika
Sumber :
  • Wikimedia

VIVAnews - Ilmuwan palaeontologi menemukan fosil penguin raksasa yang berukuran lebih tinggi dari manusia. Fosil berusia sekitar 37-40 juta tahun silam itu, ditemukan dalam penggalian di daerah Seymour Island, bagian dari rantai pulau di semenanjung Antartika.

Spesies yang dikenal Palaeeudyptes klekowskii memiliki panjang tubuh sekitar 6,63 kaki atau 2,02 meter yang diukur dari ujung paruhnya hingga ke jari kaki. Dengan kata lain, zaman dahulu penguin memiliki tubuh yang melebihi penguin modern saat ini, bahkan melebihi tinggi manusia.

"Itu adalah waktu yang indah bagi penguin. Ketika 10-14 spesies hidup sepanjang pantai Antartika," ujar Dr Carolina Acosta Hospitaleche dari Museum La Plata, Argentina, dilansir Daily Mail, Selasa 5 Agustus 2014.

Hasil penemuan terbaru itu, menurut Dr Hospitaleche, menjadi penemuan kerangka yang paling lengkap, tahun ini. Kelengkapan tersebut mulai dari bagian sayap, tulang panjang pada lengan (humerus), dan sendi antara tulang pergelangan kaki yang dikenal dengan tarsometatarsus.

Meskipun humerus tidak bisa dijadikan patokan untuk mengukur tinggi dan massa fosil penguin tersebut, para peneliti menggunakan tarsometatarsus dalam menduga tinggi dan massa spesies tersebut.

Hospitaleche mengatakan, tarsometatarsus mencatat rekor dengan panjang 3,6 inci (9,1 centimeter) yang ia simpulkan ketika berdiri, penguin itu akan memiliki tinggi sekitar 5,25 (1,6 meter) dari kepala sampai kaki dan 6,63 kaki (2,02 meter) tingginya bila paruh diperpanjang ke atas.

Penguin raksasa ini mempunyai berat bedan lebih dari 115 kilogram (250 pon). Hal tersebut, tentu mengalahkan rata-rata dua kali berat penguin kaisar.

"Menurut perkiraan, tarsometatarsus penguin ini adalah yang terbesar, dan paling besar yang dijelaskan sejauh ini. Burung ini mungkin makan ikan seperti lainnya dengan kemampuan menyelam untuk menangkap mangsanya," ungkap para peneliti menanggapi penemuan tersebut. (ita)

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo
RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024