Ini Alasan Xiaomi Bisa Rajai Pasar Smartphone

Hugo Barra
Sumber :
  • idownloadblog.com
VIVAnews
Ingin Duet Lagi di Pilkada Jatim, Khofifah Akui Merasa Nyaman dan Produktif bersama Emil
- Singgasana Apple, Samsung, Huawei, dan Lenovo dalam pangsa pasar smartphone kini mulai digoyahkan oleh keberadaan Xiaomi. Meskipun baru empat tahun berdiri, perusahaan asal Tiongkok ini diprediksi menjadi pemain serius dua tahun ke depan dalam urusan telepon pintar.

Jordi Jenguk Sarwendah, Hubungannya dengan Ruben Onsu Kembali Dipertanyakan

Perusahaan yang berbasis di Beijing, Tiongkok, belum lama ini telah menjungkalkan Apple dan menjadikannya penguasa kedua di negara tersebut. Nomor satu masih dipegang Samsung.
Warung Madura di Denpasar Buka 24 Jam, Jayanegara: Jaga Ketertiban Jika Sepi Istirahat


Berdasarkan laporan dari Strategy Analitycs, Xiaomi akan menjadi urutan kelima pembuat smartphone telekomunikasi terbesar di dunia di belakang Samsung, Apple, Huawei, dan Lenovo.

Melansir
Cnet
, Senin 4 Agustus 2014, berikut lima alasan mengapa Xiaomi akan menjadi kekuatan produsen smartphone yang bakal diperhitungkan:


1. Produk berkualitas tinggi


Sulit untuk mengelak bahwa Xiaomi memiliki produk besar seperti Mi3 dan Mi4 yang mengesankan. Atau Redmi Note, sebuah phablet ukuran 5,5 inci dengan prosesor octa core yang mendukung kinerja tinggi di atas harganya. Selain telepon pintar, Xiaomi pun memiliki produk lain seperti router dan Ultra High Definition (UHD) TV yang secara teratur menjual di luar Tiongkok.


2. Harga terjangkau


Dengan produk yang berkualitas tak lantas harga yang tersemat pada produk Xiaomi ini menjebol kantong konsumennya. Redmi Note misalnya dijual sekitar US$154 atau Rp1,8 juta. Harga tersebut tergantung dari beberapa negara dan mungkin saja lebih murah untuk mendapatkan smartphone berkualitas.


Meskipun harga terjangkau, produk andalan mereka memiliki fitur yang dapat bersaing dengan perangkat kelas atas lainnya.


Sementara itu, MiTV2, UHD TV yang dijual di Tiongkok dibanderol US$640 atau Rp7,5 juta jauh di bawah harga Samsung dan LG.


Meskipun produk-produk unggulan Xiaomi diberi harga dengan cukup murah ketimbang yang lainnya, tak lantas mereka merugi, malah menguntungkan. Hal ini dikarenakan model bisnis yang dijalani berupa menjual dengan biaya dekat di bawah yang lain selama itu bisa, dan kemudian mengubah keuntungan dari waktu ke waktu ketika biaya produksi turun.


3. Mi Fans


Seperti halnya Apple dan Samsung yang mempunyai fans, Xiaomi pun memiliki basis konsumen khusus yang benar-benar mencintai produknya. Bahkan, mereka secara teratur menghadiri produk-produk yang diluncurkan di Tiongkok. Interaksi Xiaomi dengan fansnya terus tetap dijaga, tidak hanya di dalam negeri tapi di luar negeri pun turut menjadi perhatiannya.


4. MIUI


Inti dari setiap produk Xiaomi terletak pada MIUI (My UI), ROM berbasis android pendukung smartphone dan tablet ini memiliki banyak fitur seperti gerakan navigasi serta tema yang meramaikan ponsel penggunanya.


MIUI memungkinkan pengguna Xiaomi mendapatkan pengalaman seru dibandingkan pengguna smartphone lainnya. Fitur tersebut dapat diunduh di Android dan iOS. Untuk HTC One dapat diunduh pula, caranya hanya mengunjungi situs MIUI dan mengunduh ROM yang sesuai dengan perangkat.


5. Hugo Barra


Mantan eksekutif Google dari Silicon Valley ini menjadi faktor penting dalam tubuh Xiaomi. Seperti diketahui, Barra memiliki sejumlah keberhasilan dengan Google ketika merancang Android dan hal tersebut Barra tularkan kepada Xiaomi.


Di bawah arahan Barra, Xiaomi berharap menjadi ponsel dunia yang disegani dalam dua tahun ke depan dengan pencampuran Tiongkok dan global untuk mengarungi pangsa ponsel di dunia menyaingi Samsung atau Apple. Dengan pengalaman yang kenyang semasa di Google, Barra akan membantu Xiaomi sukses di pasar smartphone yang semakin kompetitif. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya