Facebook Sempat Down Lagi

Logo Facebook
Sumber :
  • pandasecurity.com

VIVAnews - Situs jejaring sosial Facebook kembali down, Jumat malam 1 Agustus 2014 sekitar 23.30 WIB. Jutaan pengguna tidak bisa mengakses semua layanan Facebook.

Ketika mengklik www.facebook.com, yang muncul di layar hanya pesan berbunyi: "Sorry, something went wrong".

Namun, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Facebook kembali aktif beberapa menit kemudian. Belum ada penjelasan dari pengelola Facebook mengenai down kali ini.

Sebelumnya, jejaring sosial terbesar di dunia itu juga sempat down selama lebih dari 20 menit pada Kamis 19 Juni 2014. Bahkan, beberapa pengamat menganggap down saat itu sebagai hal terburuk yang pernah dialami Facebook.

Dikutip melalui laman The Guardian, Kamis 19 Juni 2014, Samuel Gibs mengatakan bahwa itu merupakan kali pertama Facebook mengalami down di seluruh jaringan dunia dalam waktu yang lama. Meski pernah mengalami system down, namun Facebook bisa mengatasinya dengan cepat. Biasanya kejadian ini hanya berlangsung tidak lebih dari satu atau dua menit sehingga para pengguna Facebook sering tidak menyadari.

"Dulu, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg pernah mengatakan dengan sangat meyakinkan jika jejaring sosial buatannya tidak akan pernah down. Sistem mereka akan jauh dari kata 'crash'," ujar Gibs.

Meski Guardian menyebutkan down-nya Facebook di seluruh dunia saat itu merupakan yang terlama sepanjang sejarah Facebook, namun saat ditelusuri, VIVAnews menemukan artikel yang ditulis pada 24 September 2010, di antaranya Mashable dan Huffington Post, diketahui Facebook pernah mengalami down selama 2,5 jam.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Dikatakan, peristiwa itu merupakan yang terburuk dalam 4 tahun sejak kemunculan jejaring sosial itu. Kala itu, server Facebook error sehingga menyebabkan Facebook Automated System menjadi korup dan menyebabkan kerusakan.

Suasana Shibuya Scramble Crossing, Tokyo, Jepang, di malam hari.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Kedutaan Besar Jepang membuka tawaran beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas di Jepang.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024