Telur Gurita Butuh Waktu 4,5 Tahun untuk Menetas

Gurita
Sumber :
  • malawicichlidhomepage.com

VIVAnews - Gurita laut ternyata mampu bertahan selama 4,5 tahun untuk menjaga telurnya hingga menetas. Waktu itu sangat lama dibandingkan semua hewan yang ada di dunia.

Dalam studi yang dipublikasikan di PLOS One, para peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) mengaku telah mengikuti jejak dan mengobservasi salah satu gurita betina selama beberapa tahun. Gurita betina itu terus-menerus hinggap di tempat yang sama, mengerami telur-telurnya selama 53 bulan.

Jika dibandingkan dengan hewan laut sejenis, daur penetasan telur Gurita memang dua kali lebih lama. Para peneliti MBARI sendiri mengaku telah menyelam sebagai 18 kali selama 4,5 tahun untuk melakukan observasi mendalam.

"Dalam penyelaman kami terlihat jika gurita itu mengerami satu sarang telur. Dia tidak pernah meninggalkan tempatnya. Kami juga tidak pernah melihat ia makan atau pergi mencari makan," ujar Bruce Robison, pemimpin tim peneliti MBARI, seperti dikutip dari Stuff.co.nz, Kamis 31 Juli 2014.

Penelitian ini telah dilakukan Robison dan tim-nya sejak lama. MBARI telah melakukan penelitian selama 25 tahun untuk menggali kehidupan bawah laut Monterey Canyon. Pada Mei 2007, mereka menemukan spesies gurita betina jenis Graneledone boreopacificaoctopus. Gurita betina itu terlihat menempel pada bebatuan di kedalaman laut 1.402 meter.

Selama 4,5 tahun akhirnya mereka menemukan sebuah kapsul telur yang kosong, mengindikasikan telur-telur itu telah menetas. Satu sarang gurita itu terdiri dari 160 telur.

Gurita betina memang memiliki tanggung jawab yang besar dalam melindungi sarang dan telurnya. Mereka khawatir telur-telur akan dimangsa saat sedang inkubasi. Kebanyakan alur hidup mereka didedikasikan untuk melindungi telur-telur karena mereka hanya bisa memproduksi satu sarang dalam hidupnya.

MBARI masih belum menemukan jawaban mengapa gurita betina bisa bertahan selama 4,5 tahun mengerami telur-telurnya tanpa makanan.

"Ini merupakan habitat laut besar yang hidup di planet ini. Namun kita hanya memiliki sedikit informasi mengenai mereka," ujar Robison.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala), ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama. Gurita terdiri dari 289 spesies yang mencakup sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda. Gurita dalam bahasa Inggris disebut Octopus yang berarti delapan kaki.

Pada beberapa spesies, gurita betina bisa menjaga sperma gurita jantan tetap hidup sampai telur menjadi matang. Biasanya gurita betina bisa bertelur hingga 200 ribu butir. Jumlahnya berbeda-beda, tergantung masing-masing individu, familia, genus, atau spesies.  Gurita betina menggantung kumpulan telur berbentuk kapsul yang membentuk untaian di langit-langit sarang.  (ita)

Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024