Layanan Data Dominasi Trafik Lebaran Operator

Ilustrasi menara BTS.
Sumber :
  • panoramio.com
VIVAnews
Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack
- Layanan data laris manis bak kacang goreng sebelum dan sesudah lebaran. Pengguna ponsel mengalihkan SMS dan Voice (suara) ke layanan data di perayaan lebaran tahun ini.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Seperti yang dilaporkan oleh Telkomsel, dalam keterangannya, Rabu, 30 Juli 2014, puncak peningkatan trafik tidak hanya di malam lebaran, melainkan terjadi di H+1 Idul Fitri atau 29 Juli kemarin.
Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024


"Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama, layanan data Telkomsel mengalami kenaikan sebesar 134 persen menjadi 632 Terabytes. Sedangkan SMS 20 persen menjadi 785 juta sms, dan Voice 3 persen atau hanya 1,1 miliar menit.


Sebelumnya saat malam lebaran, layanan data Telkomsel melonjak hingga 129 persen, untuk SMS sekitar 4 persen, dan Voice-nya turun sekitar 2 persen.


Lalu, di layanan SMS jika dilihat di tahun sebelumnya naik 20 persen menjadi 785 juta SMS, di hari biasanya trafik SMS malah menurun 15 persen.


Lonjakan layanan data juga terjadi di jaringan milik Hutchison CP atau operator pemegang merek Tri. Secara umum, terjadi lonjakan trafik di jaringannya sejak H-7 hingg hari H pada semua layanan yang ada.


"Tri telah melayani pelanggan dengan baik jelang Lebaran hingga pada puncaknya di hari Lebaran. Tidak ada kendala atau gangguan berarti di jaringan kami," ujar Chief Technology Officer (CTO) HCPT, Randeep Sekhon.


Menurutnya, lonjakan tertinggi terjadi di layanan data yang terjadi sejak H-5. Kala itu, terjadi kenaikan trafik sebesar 13,8 persen dibanding hari biasa. Bahkan jika dibandingkan hari Lebaran tahun lalu, katanya, kenaikannya mencapai 150 persen.


Sebelumnya, XL Axiata juga mengemukakan peningkatan yang sama. Manajemen mengungkapkan peningkatan data sebesar 69,3 persen dibanding malam takbiran 2013, menjadi 415 terabytes.


Sementara itu, di hari H Lebaran, terdapat kenaikan 62,2 persen menjadi 365 terabytes dibanding tahun sebelumnya yang hanya 225 terabytes.


“Seperti tahun lalu, Lebaran kali ini, layanan data tampaknya menjadi pilihan favorit pelanggan menyampaikan pesan Idul Fitri kepada saudara, handai taulan ataupun relasinya," kata Direktur Service dan Management XL Axiata, Ongki Kurniawan.


Pilihan penggunaan layanan data ini tentunya karena didorong oleh semakin mudahnya penggunaan layanan data dengan beragam aplikasi yang tersedia seperti misalnya Facebook, Twitter, Path, Whatsapp, Line, BBM ataupun aplikasi messaging dan media sosial lainnya".


Menurut Ongki, jika dibandingkan SMS, penggunaan layanan pesan singkat itu hanya mencapai 765 juta unit SMS terkirim di hari H Lebaran, atau hanya 785 juta SMS di malam takbiran. Penggunaan layanan suara turun hampir 20 persen menjadi hanya 470 juta menit di hari H dan 440 juta di malam takbiran. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya