Pohon Selamatkan 850 Ribu Nyawa Per Tahun

Camp Grounded di Navarro, California
Sumber :
VIVAnews
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024
- Pohon mempunyai banyak fungsi. Mulai dari memberi oksigen, mencegah banjir atau tanah longsor hingga menyelamatkan nyawa manusia. Menurut studi yang diterbitkan oleh Dinas Kehutanan Nasional Amerika (NFS), pohon mempunyai peranan yang sangat vital dalam kelangsungan hidup manusia.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Seperti dilansir di laman
5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?
Inquisitr , Rabu 30 Juli 2014, NSF mengatakan pohon telah menyelamatkan sekitar 850 nyawa per tahun serta mencegah 670 ribu penderita infeksi saluran pernafasan akut. Studi ini merupakan pertama kalinya yang mengungkapkan data khasiat pohon dari tahun ke tahun.


Berdasarkan penelitian, terhitung dari tahun 2010 pohon telah berjasa dalam menghapus sekitar 17,4 juta ton polusi udara setiap tahunnya.


"Dampak kepada kesehatan manusia, pohon di daerah perkotaan secara substansial lebih penting daripada pohon di pedesaan. Secara umum, semakin besar pohon penutup, semakin besar penghapusan polusi, dan semakin besar pula nilai manfaat bagi kesehatan pada manusia," ujar David Nowak yang menulis studi tersebut.


Untuk Amerika Serikat saja, menurut NFS, ada ribuan kematian per tahunnya yang berkaitan dengan polusi udara, khususnya seperti nitrogen, ozon, sulfur dioksida, dan partikel kurang dari 2,5 mikron (PM2.5) diameter aerodinamis. Dengan adanya pohon, masih kata NFS, itu dapat mencegah tingkat kematian yang tinggi dan dapat menghemat anggaran kesehatan setiap tahunnya sekitar US$6,8 miliar atau Rp78 triliun, itu semua berkat pohon yang memakan polutan.


NFS mencatat kerapatan pohon yang tumbuh di Amerika Serikat berkisar dari 2,6 persen untuk daerah North Dakota dan 88,9 persen di New Hampshire.


Dari studi tersebut menyimpulkan bahwa pohon yang ditanam sekitaran kota-kota besar akan menjadi 'obat mujarab' untuk meningkatkan kualitas udara dan berdampak pada kesehatan manusia yang semakin terjamin.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya