Ini 5 Teleskop Luar Angkasa Tercanggih di Dunia

Pengujian teleskop James Webb
Sumber :
  • http://www.mobgenic.com

VIVAnews - Sebuah teleskop baru berukuran besar yakni Thirty Meter Telescope (TMT) direncanakan akan dibangun di Hawaii, AS. Teleskop tersebut akan menjadi yang paling maju dan kuat yang pernah dibangun.

Saat ini, TMT telah mendapat persetujuan dari Hawaiian State Board of Land and Natural Resources untuk mendirikan TMT di tanah Hawaii, namun masih terganjal mengenai situs kuno dan sewa tanah.

"Menyewakan adalah langkah terakhir dalam memperoleh sebuah situs pembangunan TMT yang merogoh kocek sebesar US$1,3 miliar, setara dengan Rp15 triliun. Teleskop ini diklaim yang paling maju dan kuat yang ada di bumi," tulis TMT dalam situsnya seperti yang diberitakan Nature Wolrd News, Rabu 30 Juli 2014.

Proyek pembangunan TMT akan dibangun di sebuah puncak gunung berapi Mauna Kea di Hawaii. Proyek yang dimulai Oktober tahun ini akan bergabung dengan 12 teleskop lainnya yang sudah tegak berdiri di Mauna Kea.

Berdirinya TMT ini memungkinkan para astronom dapat melihat objek yang lebih jauh dan samar yang ada di langit, termasuk petunjuk planet yang jauh dari jangkauan sistem tata surya bima sakti, lubang hitam, dan terbentuknya alam semesta.

Namun, dalam perencanaan TMT tersebut dikhawatirkan akan mengancam situs kuno yang begitu dihormati oleh penduduk asli Hawaii. Selain itu juga, pemerintah setempat tidak yakin bila Tim dari TMT akan membayar cukup sewa tanah sekitar US$1 juta atau Rp11 miliar setelah dibuat dan beroperasi penuh di tahun 2022.

Menurut Sterling Wong, seorang manager urusan kebijakan publik di Hawaii menyatakan nilai itu sangat sulit untuk menentukan bahwa nilai tanah didasarkan pada tingkat penglihatan. Ia menyakini TMT akan menjadi teleskop terbesar, namun masih kalah oleh European Extremely Large Telescope (E-ELT).

Mengubah Pengamatan Astronomi

Teleskop mempunyai peranan penting dalam mengamati benda-benda di langit yang jauh dari pandangan mata. Dengan adanya teleskop tentu para peneliti terbantu dalam pengamatan astronomi.

Dengan akan dibangunnya TMT, menurut Gizmodo, akan menjadi pelengkap lima teleskop baru terbesar lainnya yang dapat mengubah pengamatan astronomi.

Ada European Extremely Large Telescope (E-ELT) yang jauh lebih besar dari TMT. E-ELT akan menjadi teleskop cahaya terbesar di dunia yang mampu mengumpulkan 13 kali lebih banyak cahaya dibandingkan yang lainnya. E-ELT mampu memburu planet-planet atau bintang yang jauh dan mendapat tanda-tanda energi gelap. E-ELT sendiri sudah resmi dibangun dengan meledakan puncak gunung di Chile.

Lalu, ada James Webb Space Telescope (JWST). Teleskop ini seharusnya sudah dimulai tahun ini karena kendala data dan anggaran, namun NASA menjanjikan proyek tersebut akan segera dimulai di tahun 2018.

Seperti pendahulunya, Hubble Space Telescope, JWST ini mempunyai cermin utama yang tiga kali jauh lebih besar dengan Hubble Space Telescope. JWST dirancang tidak untuk mendeteksi cahaya yang tampak di luar angkasa, melainkan khusus untuk mengetahui spektrum inframerah, dimana sebagai tempat menyelidiki asal-usul pembentukan alam semesta.

Kemudian ada Giant Magellan Telescope. Teleskop ini terbuat dari tujuh putaran cermin yang dikombinasikan setara dengan teleskop 25 meter atau diameter 80 meter.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Giant Magellan Telescope dibangun di puncak gunung Las Campanas, Chile. Fungsi teleskop satu ini memiliki kemiripan dengan TMT dan E-ELT yaitu untuk mengekspolorasi topik dari seluruh fisika, evolusi bintang serta galaksi, dan mengamati planet atau bintang yang jauh dari jangkauan.

Terakhir, Large Synoptic Survey Telescope (LSST). LSST ini pun dibangun di Chile, tepatnya di Gunung Pachon. Dengan dipersenjatai diamter sekitar 8,4 meter, teleskop ini tidak dirancang untuk kecepatan, melainkan dapat memindai langit selama berhari-hari atau sampai bertahun-tahun. Hal tersebut difungsikan sebagai alat bantu astronom dalam mengamati objek utama seperti asteroid, supernova, dan benda-benda yang melewati Neptunus.

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024