Lebaran, Telkomsel Tingkatkan Kapasitas SMS Sampai 11 Persen

Direksi Telkomsel cek kesiapan jaringan untuk lebaran
Sumber :
  • Telkomsel
VIVAnews - Guna mengantisipasi kesiapan jaringan menghadapi lonjakan trafik mendekati puncak masa Ramadhan dan Lebaran 2014, Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar. 
Tanpa Potongan Taspen, THR Pensiunan ASN Mulai Cair 24 Maret 2022

Optimalisasi itu meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register), dan SGSN (Serving GPRS Support Node).
Viral Video Perundungan di Bulukumba, Remaja Dikeroyok Empat Temannya

Dalam keterangan tertulis hari ini, disebutkan kapasitas VLR di tahun ini ditingkatkan menjadi 213 juta, sedangkan HLR sebesar 330 juta pelanggan. Kapasitas SMS ditingkatkan sekitar 11% dari tahun sebelumnya menjadi 116.211 SMS/detik dengan kapasitas volume trafik 2,94 milyar SMS. 
Atlet Cantik Indonesia Juara Renang Artistik di Kanada

Telkomsel juga menambah kapasitas MMS menjadi 200 MMS per detik atau setara dengan 4,32 juta MMS per hari. Sedangkan kapasitas SGSN ditambah menjadi 54 nodes SGSN dengan SAU (Simultaneously Attached Users) sebanyak 161 juta pelanggan data.

Dari sisi kapasitas jaringan 2G dan 3G, saat ini Telkomsel telah memiliki lebih dari 79.000 BTS (Base Transceiver Station), dimana sebanyak lebih dari 34.000 di antaranya merupakan BTS 3G (Node-B) yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 114 Gbps termasuk bandwidhth layanan Blackberry sebesar 14 Gbps. 

Telkomsel juga telah mengidentifikasi sebanyak 762 hotspot area PREMIUM (Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness  Areas, Massive Areas) yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik yang cukup signifikan. Sebanyak 54 BTS bergerak (COMBAT - COmpact Mobile Base sTation) baru akan ditambahkan pada 672 BTS COMBAT yang sudah ada, untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data di hotspot area..

Adapun pemantauan trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat selama masa puncak Ramadan dan lebaran dilakukan sepanjang 24 jam secara terpusat melalui Telkomsel Network Operation Centre (NOC) di Jakarta yang mampu melakukan fungsi monitoring secara real time sehingga segala permasalahan yang muncul dapat segera diatasi guna menjamin kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya