Manjakan Pemudik, Telkomsel Pasang 8 BTS 3G di Kapal Pelni

Telkomsel.
Sumber :
  • http://www.gadgetgan.com/telkomsel-beri-fasilitas-internet-gratis-ke-lima-kampus-di-indonesia-4952
VIVAnews - Saat melepas 2.750 pemudik Kapal Laut gratis, Telkomsel mengumumkan telah menyematkan layanan data di beberapa kapal laut milik PT Pelni. Pemudik bisa dengan nyaman berkomunikasi dan berselancar internet dengan smartphone-nya selama perjalanan laut.
Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

"Sejak 2008, Telkomsel telah melengkapi kapal Pelni dengan BTS Merah Putih. Kali ini pelayanan ini kami tingkatkan dengan pemasangan perangkat BTS 3G di 8 unit Kapal Pelni sekaligus," ujar Direktur Sales Telkomsel, Mas'ud Khamid, dalam keterangannya, Sabtu, 26 Juli 2014.
Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Delapan kapal yang dimaksud Mas'ud adalah KM. Labobar, KM. Kelud, KM. Ngapulu, KM. Bukit Siguntang, KM. Dorolonda, KM. Bukit Raya, KM. Tidar dan KM. Ciremai. 
Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Diharapkan ketersediaan layanan ini akan semakin menambah kenyamanan pelanggan dalam berinternet ria, sekaligus berkomunikasi baik dengan suara maupun SMS.

"BTS 2G sudah ada di 16 kapal laut Pelni. Tahun ini, 8 kapal laut telah kami tingkatkan ke BTS 3G. Kami juga akan bekerja sama dengan Lion Air dan Garuda untuk memasang wifi di Pesawat," kata Mas'ud.

Setidaknya ada 25 kapal laut milik PT Pelni. Diharapkan seluruh kapal bisa diakomodir kebutuhan datanya oleh Telkomsel.

"Untuk kapal laut lainnya, kita harus lihat lagi. Prioritas kami adalah kapal laut dengan kapasitas 3.000 penumpang dan rute yang jauh, setidaknya melewati 3 propinsi. Rute jauh, kapal besar, pemanfaatan tinggi," papar Mas'ud.

Kecepatan data yang ditawarkan BTS 3G di atas kapal ini, kata Mas'ud, antara 5,5 Mbps sampai 7,5 Mbps dalam posisi operasi. Kapasitasnya diklaim mencapai 100 megabyte dan bisa melayani 4.000 user dengan mengandalkan teknologi satelit.

"Investasi satu BTS plus akses ke satelit mencapai Rp2,5 miliar. Satu BTS senilai Rp500 juta dan biaya akses ke satelitnya Rp2 miliar. Okupansi di atas 60 persen rata-rata untuk voice dan SMS," paparnya.

Mudik Bareng 5.000 Orang

Telkomsel kembali mengadakan program tahunan ‘Mudik Bareng Lebaran’ yang merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan kepada para pelanggan setia, pedagang pulsa dan perdana (Mitra Outlet). Perusahaan plat merah ini melepas lebih dari 5.000 peserta mudik menggunakan tiga moda transportasi, yaitu Pesawat Terbang, Kereta Api dan Bus.  

Peserta mudik sebanyak itu terbagi menjadi 450 peserta mudik pesawat yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta dengan tujuan Solo, Yogya dan Surabaya. Untuk kereta api, sebanyak 600 peserta dilepas dari Statsiun Gambir dengan tujuan Surabaya. 

Sementara itu sebanyak 30 bus dilepas dari Kompleks Kolam Renang, GBK Senayan untuk mengangkut 1350 peserta (diikuti oleh 330 mitra outlet beserta keluarganya) dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan penumpang kapal laut yang mengikuti program mudik gratis ini sebanyak 2.750 orang.

Tahun-tahun sebelumnya, beberapa operator juga menggelar program mudik gratis. Namun tahun ini, sepertinya hanya Telkomsel yang masih setia menggelar layanan ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya