Foto Pertempuran Gaza dari Ruang Angkasa

Asap setelah sebuah roket meledak di jalur Gaza, Palestina
Sumber :
  • REUTERS/Ahmed Zakot

VIVAnews - Pertempuran antara Israel melawan pejuang Palestina di Gaza masih terus berlangsung. Pertarungan telah berjalan lebih dari dua pekan. Tak ada tanda-tanda pertempuran bakal berakhir. Situasi tegang dan panas itu bahkan bisa disaksikan dari luar angkasa.

Mengutip Space.com, Kamis 24 Juli 2014, astronot yang tinggal di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) dapat melihat sengitnya pertempuran di jalur Gaza itu.

Astronot dari Badan Antariksa Eropa (ESA), Alexander Gerst memposting foto tangkapan dari antariksa ke Facebook dan Twitter pribadinya. Foto itu menunjukkan tanda menyala di kawasan Gaza, yang menunjukkan ledakan berbagai roket kedua belah pihak.

"Foto saya yang paling menyedihkan. Dari Stasiun Antariksa Internasional, kita benar-benar bisa melihat ledakan dan roket terbang di atas Gaza dan Israel," tulis Gerst  yang berasal dari Jerman di halaman Facebook.

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Foto diambil saat pertempuran terjadi di malam hari, sehingga terlihat nyala dari atas wilayah Gaza. Postingan foto itu langsung mendapat banyak respon baik komentar, like maupun layanan berbagi. Lihat fotonya di sini.

Pertempuran kedua belah pihak sejauh ini telah menewaskan 680 warga Palestina dan 34 warga Israel.

Guna mencari solusi, Rabu sore waktu setempat, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry dan Sekjend PBB, Ban Ki-Moon meluncur ke Yerussalem. Keduanya ingin agar terdapat gencatan senjata. Sayangnya diketahui tak ada kesepakatan dari pertemuan tersebut.

"Kami sudah pasti membuat beberapa langkah ke depan, dan masih ada pekerjaan yang harus dilakukan," ujar Kerry dalam sambutannya sebelum bertemu dengan Ki-Moon.

Sejauh ini, para astronot seringkali mengabadikan peristiwa besar yang terjadi di daratan bumi. Astronot pernah mengabadikan foto gumpalan asap yang membumbung usai tragedi 11 September 2001, tsunami dan gempa besar Jepang sampai badai besar di Filipina. (umi)

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024