Twitter: Ada 1 Juta Tweet Terkait Jokowi di Hari H Pilpres 2014

Kembali ke Balai Kota, Jokowi Langsung Ikut Rapat Paripurna
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVAnews
Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan
- Selama pemilihan presiden berlangsung pada 9 Juli 2014 lalu, tweet terkait Jokowi mendominasi. Dalam satu hari penyelenggaraan pada 9 Juli 2014, setidaknya ada lebih dari 1 juta tweet mention 'Jokowi'.

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

"Jokowi menjadi topik utama terkait pemilu di Twitter dengan jumlah 22 persen dari total tweet yang ada. Follower akun @jokowi_do2 juga naik 86% atau sekitar 850.000 sejak awal tahun," keterangan resmi Twitter, Kamis, 24 Juli 2014.
Wika Salim Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana


Menurut keterangan tersebut, terdeteksi ada sekitar 95 juta tweet sejak awal tahun 2014 hingga hari H pemilihan presiden. Angka tweet sebanyak itu terkait dengan pilpres 2014, khususnya Jokowi.


"Ini bukti jika Twitter merupakan sarana yang digunakan untuk berdiskusi dan tempat memperoleh informasi. Media sosial ini juga menjadi sarana pilihan rakyat untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi dan mendapatkan konten politik," katanya.


Dari daftar 10 besar topik terhangat di Twitter, yang diberikan dalam keterangan tersebut, terlihat hampir setengahnya merupakan hashtag terkait Jokowi. Beberapa hashtag tersebut adalah #rame2celup2jari, #7okowipresident, #sayapilihjokowi, #tanyajokowi, #prabowo4ri_jokowi4dki.


"Kenaikan tertinggi terkait tweet Jokowi terjadi pukul 15.29 WIB. Di waktu tersebut, ada 2.136 tweet per menit. Naik lebih dari 50 persen dari percakapan tentang Prabowo Subianto," tulisnya.


Berikut daftar 10 besar topik nge-tren di Twitter pada hari H pencoblosan Pilpres 2014.


Mahfud MD

#tvonememangbeda

#KawalKPU

#rame2celup2jari

#7okowipresident

sayapilihjokowi

#pilihankusatu_PRABOWO

damai_untuknkri

#prabowo4ri_jokowi4dki

#tanyajokowi
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya