Layar Ponsel di Masa Depan Bisa Deteksi DNA Pengguna

Samsung Galaxy Round
Sumber :
  • samsungtomorrow.com
VIVAnews - Belum lama ini sensor sidik jari sudah diadopsi ponsel pintar andalan Samsung maupun Apple. Aplikas pendukung kesehatan juga mulai hangat diadopsi prosuden perangkat teknologi.
Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Tapi tak bergenti di situ saja, ke depan fungsi pendukung kesehatan perangkat bisa lebih canggih. Peneliti Polytechnique Montreal, Kanada dan produsen layar Gorilla Glass Corning tengah bekerjasama mengembangkan sensor layar yang bisa mendeteksi suhu tubuh pengguna dan bahkan bisa menganalisa DNA pengguna. 
RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Sensor itu dilaporkan memanfaatkan deteksi air liur pengguna. 
PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Melansir Mashable, Selasa 22 Juli 2014, sensor yang dimaksud akan ditanamkan dalam layar ponsel pintar. Dengan demikian sensor akan mampu mengambil suhu, mendeteksi tingkat diabetes bahkan sensor bisa diintegrasikan dengan aplikasi kesehatan HomeKit besutan Apple. 

Dengan bekal ini diharapkan ponsel pintar yang mengadopsi sensor ini bisa memberikan informasi kesehatan lebih dalam secara real time. 

Disebutkan juga, inovasi itu memungkinkan ponsel pintar bisa mendeteksi kadar gas karbon monoksida di udara. Teknologi itu juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung keamanan ponsel.

Sebagaimana dipaparkan dalam Jurnal Optics Express, guna memasukkan sensor itu, gabungan tim peneliti menciptakan sistem panduan laser cahaya yang menjadi pionir teknologi canggih itu. 

"Kami telah membuka kotak pandora, terserah orang untuk menemukan penggunaan baru dengn inovasi ini," tulis rekan peneliti Raman Kashyap, profesor teknik listrik dan fisika di Polytechnique Montreal dalam makalah di jurnal. 

Peneliti dilaporkan menembakkan laser ke dalam kaca untuk membuat jalur pengiriman data dalam bentuk sinar cahaya kecil. 
Selanjutnya pandu gelombang akan berfungsi sebagai jalur menyalurkan cahaya, cara ini mirip denagn kerja kabel elektronik yang menyalurkan sinyal listrik. 

Pandu gelombang adalah alat untuk memandu gelombang atau mengarahkan penjalaran gelombang pada arah dan pola 
tertentu. Gelombang electromagnet umum yang 
tak terpolarisasi bidang, dapat diarahakan penjalarannya ke arah tertentu melalui rongga pandu gelombang (wave guide). 

Bentuk rongga pandu gelombang yang umum digunakan adalah 
segi empat panjang dan silinder dengan bahan 
dari konduktor. 

Nah dengan menambahkan pandu gelombang pada ponsel pintar serta menambahkan kode yang dapat dibaca, dapat membuka peluanng bagi produsen perangkat untuk mekahirkan produk yang inovatif. 

Misalnya perusahaan teknologi bisa menanamkan sensor biometrik ini ke prangkat lain misalnya jendela atau permukaan meja. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya