XL Klaim Jaringan Axis Tekan Drop Call 45 Persen

Menara BTS
Sumber :
  • reum-batteries.com
VIVAnews
Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
- Pasca akuisisi, proses integrasi jaringan Axis ke XL telah mencapai 75 persen. Sayangnya, untuk jaringan di Jakarta, belum total dilakukan karena integrasinya dianggap paling rumit.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

"Axis maupun XL memiliki pelanggan yang cukup banyak di Jakarta. Kami juga menunggu tambahan kapasitas di kota tersebut, juga di Bandung dan Surabaya.Jika sudah yakin bisa menampung, maka akan segera diintegrasi," ujar Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan dalam keterangannya, Senin 21 Juli 2014.
Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!


Dikatakannya, proses integrasi ini juga tidak mudah. Nantinya, tidak ada lagi jaringan Axis, semuanya akan diintegrasikan menjadi satu jaringan, XL.


"Kami juga akan cek satu per satu jaringannya, jika ada overlap antara satu jaringan dengan jaringan lainnya, maka kemungkinan ada beberapa site yang akan dimatikan," papar Ongki.


Ditambahkan Ongki, proses akuisisi Axis dengan XL saling memberikan keuntungan. Di satu sisi, XL mendapatkan tambahan frekuensi yang dibutuhkan untuk memberi kualitas layanan yang lebih nyaman, dan otomatis menumbuhkan pelanggan XL. Sedangkan Axis sudah pasti juga akan mendapatkan pertumbuhan pelanggan yang signifikan.


"Tambahan frekuensi 15 MHz dari Axis di 1.800 MHz telah membuat kualitas layanan XL meningkat. Drop call berkurang sampai 45 persen. Kualitas suara pun 20 persen lebih baik, koneksi 30 persen lebih cepat, dan akses data 20 persen lebih stabil," kata Ongki.


Selain integrasi, XL juga melakukan peningkatan kualitas jaringan XL maupun Axis meliputi penambahan kapasitas dan optimalisasi jaringan. Pelanggan Axis juga sudah bisa merasakan roaming nasional di jaringan XL, migrasi billing, serta penyanggaan infrastruktur layanan Axis oleh XL.


Untuk melancarkan proses integrasi ini, XL diprediksi telah menghabiskan dana sekitar Rp30 miliar. Dana tersebut diguanakan untuk membiayai tuning radio pemancar, sistem integrasi, dan konsultasi. Targetnya, kata Ongki, sebelum Oktober ini proses integrasi jaringan dengan Axis akan selesai.



Kesiapan Jaringan Jelang Lebaran

Untuk menghadapi kemungkinan lonjakan trafik selama libur Lebaran 2014, XL telah melakukan tiga hal terkait kesiapan jaringan. Penambaha kapasitas jaringan, peningkatan kualitas, dan menguji kualitas.


Untuk penambahan kapasitas, XL telah melakukan penambahan kapasitas radio sebesar 2 kali lipat di jalur dandaerah tujuan utama mudik. Kapasitas juga ditingkatkan di jaringan Core dan IN. Utilisasi jaringan berada di angka 50-60 persen agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga baik.


Peningkatan kualitas jaringan antara lain memasang mobile BTS di 21 jalur mudik dan area yang banyak dikunjungi. Selain itu dilakukan juga optimalisasi jaringan dan instalasi suara HD. Penambahan high speed packet access juga dilakukan agar pelanggan nyaman menggunakan layanan data.


Pengujian kualitas jaringan di jalur dan lokasi tujuan utama mudik juga telah dilakukan secara berkala sejak sebelum bulan puasa. Demikian juga dengan pelatihan penanganan gangguan agar tim XL selalu siaga saat masa mudik dan libur lebaran.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya