iPhone Dianggap Ancaman Bagi Keamanan Tiongkok

Kamera iPhone 5
Sumber :
  • mashable.com
VIVAnews
Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli
- iPhone merupakan primadona bagi penggila gadget dan selalu ditunggu kehadiran produk-produknya, namun ternyata hal itu tidak berlaku bagi Tiongkok. Negara itu mengatakan iPhone menjadi ancaman nasional bagi negaranya.

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Media pemerintah Tiongkok, CCTV, dilansir
Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Telegraph , Senin 14 Juli 2014, menyebutkan iPhone telah menjadi ancaman bagi keamanan nasional karena dapat merekam jejak lokasi penggunanya.


Dalam siarannya, CCTV mengatakan bahwa fitur yang ada di iPhone, yakni 'Frequent Locations', berpotensi digunakan untuk mengetahui informasi keberadaan seseorang dan seberapa sering mengunjungi tempat tersebut.


Salah seorang peneliti yang diwawancara oleh pihak CCTV mengungkapkan bahwa fitur itu berupa informasi data yang sangat sensitif dan bisa membocorkan situasi ekonomi Tiongkok, bahkan rahasia negara.


Apple sendiri menghadirkan fitur ini untuk mencatat waktu dan lokasi gerakan pemiliknya, mulai dari memberi informasi tempat yang baru dikunjungi atau seberapa sering pengguna mampir ke tempat itu. Data ini hanya disimpan di perangkat iPhone yang digunakan. Apple mengklaim tidak akan menarik informasi tersebut kecuali dapat persetujuan dari penggunanya sendiri.


Mengutip Wall Street Journal, Apple mengatakan data lokasi dienkripsi dan disimpan secara lokal pada perangkat, sehingga fungsi pelacakan dapat dinonaktifkan dalam pengaturan perangkat itu sendiri.


Apple mengatakan, fitur ini sebagai layanan pribadi seperti prediksi lalu lintas routing. Perusahaan besutan Steve Jobs ini belum menanggapi mengenai dugaan laporan dari media Tiongkok mengenai dugaan potensi dapat membocorkan rahasia negara.



Tiongkok Ngambek Pada Perusahaan IT Amerika

Kurang ramahnya negara Tiongkok ini berawal dari tahun lalu. Dipicu oleh laporan Edward Snowden yang mengatakan Badan Keamanan Nasional AS (NSA) sedang mengintai para pemimpin Tiongkok dengan meminta data perusahaan teknologi AS, termasuk iPhone.


Beberapa perusahaan teknologi asal AS mulai disikapi dingin oleh Tiongkok. Google misalnya, selama lebih dari sebulan jaringannya terganggu. Bahkan pemerintah pusat Tiongkong enggan menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 8. Kini iPhone dianggap berpotensi bisa membocorkan rahasia negara tersebut.


Akhir-akhir ini pun pangsa pasar iPhone di Tiongkok tertinggal di belakang Samsung, Lenovo, Coolpad, Huawei, dan Xiaomi. Namun di kuartal kedua 2014, pendapatan iPhone di Tiongkok meningkat. Pengguna iPhone di negara tersebut diidentifikasi sebagai kalangan pejabat pemerintahan dan para eksekutif perusahaan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya