SoundCloud Rayu Label Rekaman dengan Saham

feature image sound cloud
Sumber :
  • U-Report
VIVAnews
Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan
- SoundCloud dalam waktu dekat akan menjalin kerja sama terkait hak cipta lagu dengan label rekaman. Dikabarkan, hal itu sebagai upaya menghindari tuntutan mengenai pelanggaran hak cipta.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

SoundCloud merupakan platform yang memungkinkan setiap penggunanya mengunggah rekaman, berbagi musik mereka, dan file audio lainnya. Layanan berbagi musik online ini akan menyepakati soal lisensi lagu-lagu yang diputarkan, sehingga dapat menghindari perselisihan hukum.
Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini


Menurut laporan
Reuters
, Jumat 11 Juli 2014, SoundCloud saat ini sedang bernegosiasi dengan menawarkan saham sebesar 3-4 persen kepada perusahaan-perusahaan rekaman tersebut. Beberapa label rekaman yang terlibat adalah Universal Music Group, Sony Music Entertainment, dan Warner Music Group.


Bila perjanjian itu mencapai kata sepakat, penawaran yang diusulkan bisa membuat harga perusahaan menjadi senilai US$500-600 juta. Penawaran saham 3-4 persen tersebut tentu tidak ada apa-apanya bagi SoundCloud ketimbang mendapatkan sanksi tuntutan dari label rekaman tersebut yang bisa saja jauh lebih besar.


Dengan kata lain, SoundCloud berhak untuk melarang sebuah lagu audio yang diunggah ke platformnya, yang dinilai melanggar hak cipta.


SoundCloud merupakan layanan musik online terbesar dan populer dengan lebih dari 250 juta pendengar per bulan. Berkat kesuksesan tersebut, perusahaan hasil kreasi dari Alexander Ljung dan Eric Wahlforss ini dijuluki dengan "Youtube for audio".


Pada pertengahan Mei lalu, melansir laman Nasdaq, situs mikrobloging Twitter sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi SoundCloud guna memperluas basis pengguna dan memberikan nilai tambah bagi pengguna eksisting. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya