Adopsi Broadband Indonesia Tertinggi di Asia Pasifik

ilustrasi broadband internet
Sumber :
  • itpro.co,uk

VIVAnews - Indonesia kembali menunjukkan rata-rata pertumbuhan tertinggi untuk adopsi broadband. Pertumbuhan adopsi broadband di negara ini naik 262 persen mengalahkan negara lain. Di bawahnya ada Vietnam dengan hanya 39 persen.

Ini merupakan laporan internet terbaru yang dipaparkan oleh Akamai Technologies. Perusahaan itu selalu memberikan laporan per kuartal. Laporan ini berdasarkan data yang diambil dari hampir seluruh negara terkait dengan adopsi broadband dan konektivitas mobile.



Dilansir melalui Channel News Asia, Jumat 27 Juni 2014, dalam laporan tersebut, Indonesia dikatakan memiliki rata-rata kecepatan koneksi internet broadband sebanyak 2,4 Mbps. Sedangkan untuk koneksi mobile, rata-rata kecepatan internet di Indonesia hanya 2.0 Mbps.

Kuartal pertama 2014 ini, menurut laporan Akamai, Singapura memiliki rata-rata kecepatan koneksi internet sekitar 8,4 Mbps. Angka ini naik 6,1 persen setiap bulannya. Dengan kecepatan sebesar itu, Singapura berada di posisi ke-5 untuk urusan kecepatan internet. Posisinya berada di bawah Korea Selatan, Jepang, Hong Kong dan Taiwan.

Korea Selatan merupakan pemenang untuk dua kategori yang dilaporkan Akamai, baik di wilayah Asia Pasifik maupun global. Kecepatan internet Korea Selatan mencapai 23,6 persen. Namun untuk urusan rata-rata pertumbuhan, Indonesia dan Malaysia menunjukkan pertumbuhan yang meningkat setiap bulan di Asia Pasifik. Masing-masing pertumbuhannya 46 persen dan 16 persen.

"Secara global, kecepatan internet rata-rata hampir di seluruh negara di dunia mencapai 3,9 Mbps. Angka ini menunjukkan pertumbuhan 1,8 persen. Kuartal selanjutnya, diharapkan rata-rata kecepatan internet dunia menembus 4 Mbps.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

"Sedangkan kecepatan koneksi saat sibuk, rata-rata sekitar 21,2 Mbps," ujar David Belson tim peneliti dari Akamai Tech.

Singapura, kata Belson, juga masih dikalahkan oleh Korea Selatan, Jepang dan Hong Kong untuk urusan adopsi broadband. Pada kuartal pertama tahun ini, sebanyak 73 persen koneksi broadband di Singapura memiliki kecepatan 4 Mbps, peningkatan 8,4 persen dari kuartal sebelumnya.

Negara di atas Singapura dengan kecepatan 4 Mbps adalah Korea Selatan dengan penetrasi 94 persen. Jepang penetrasi kecepatan 4 Mbps-nya mencapai 86 persen, sedangkan Hong Kong 84 persen.

Secara keseluruhan, adopsi broadband di seluruh dunia hanya naik 1,7 persen dibanding kuartal keempat 2013. Penetrasi broadband dunia saat ini baru mencapai 56 persen.

"Rata-rata peningkatan ini menunjukkan bahwa dunia sedang membangun pondasi yang kuat untuk kenyamanan konten dan layanan generasi berikutnya. Peningkatan ke depan akan dipicu oleh koneksi broadband rumahan dan kantoran," papar Belson.

Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024