Israel Bangun Jalan Gantung di Langit

Jalan Gantung
Sumber :
  • BBC
VIVAnews
Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024
- Sebuah perusahaan transportasi swasta asal Amerika, SkyTran, akan membuat pilot project jalan gantung untuk kendaraan guna mengatasi kemacetan lalu lintas. Proyek pertamanya itu akan dibangun di Tel Aviv, Israel.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Tahap pertama yang akan dilakukan SkyTran adalah membangun jalan lingkar yang menggantung dengan lebar 500 meter. Proyek itu akan berlokasi di komplek Israel Aerospace Industries (IAI). Setelah pembangunan kelar, akan dilanjutkan dengan langkah komersil.
Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk


"Kami menggunakan jalur magnetic dalam ketinggian. Ini bisa menjadi alternatif metodeĀ  transportasi di negara dengan lalu lintas yang padat kendaraan," ujar CEO SkyTran, Jerry Sanders, seperti dikutip dari
BBC
, Rabu, 25 Juni 2014.


Menurut Sanders, pembangunan ini tidak akan memakan waktu lama. Diperkirakan sistem transportasi baru ini akan bisa digunakan mulai akhir 2015 nanti. SkyTran berharap jalur uji coba itu akan bekerja dengan baik dan bisa meyakinkan negara lain untuk mulai mengimplementasikannya.


Cara kerjanya, kata SkyTran, adalah memungkinkan penumpang untuk memesan kendaraan dari smartphone mereka. Penumpang bisa meminta untuk diantarkan dari satu tempat ke tempat pemberhentian tujuan.


Kendaraan itu akan memiliki kecepatan lebih dari 70 kilometer per jam. Namun SkyTran berjanji akan meningkatkan kecepatan itu.


Selain Israel, SkyTran melirik negara lain seperti India dan Amerika. Namun semua itu akan bergantung pada keberhasilan proyek pertama di Israel ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya