Down 20 Menit, Facebook Kehilangan US$500.000?

Facebook
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Hodel
VIVAnews
Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?
- Setelah mengalami
system down
Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa
selama lebih dari 20 menit, jejaring sosial tersebut dikabarkan kehilangan revenue sekitar US$500.000. Angka tersebut diambil dari perhitungan pendapatan iklan yang diterima Facebook.
Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea

Dilaporkan laman Techsonia, Jumat 20 Juni 2014, perusahaan Mark Zuckerberg itu diprediksi mengalami kerugian sekitar hampir setengah juta dolar. Pasalnya, menurut laporan keuangan perusahaan, Facebook mampu menghasilkan revenue sekitar US$2,5 miliar pada kuartal pertama tahun ini. Ini artinya, menurut hitungan Techsonia, dalam kurun satu jam, Facebook mampu meraup kurang lebih US$1,16 juta.


Jika ditelusuri lagi, masih menurut laman tersebut, Facebook menghasilkan lebih dari US$500.000 dalam kurun setengah jam. Down-nya system jaringan Facebook selama kurun tersebut membuat Facebook secara otomatis kehilangan revenue sebesar itu. Khususnya dari layanan iklan yang mereka miliki. Pasalnya, saat sistem down, Facebook tidak dapat diakses. Secara otomatis, layanan iklan pun tidak bekerja dan tidak menghasilkan trafik klik atau impresi apapun.


Sama seperti halnya iklan di media online lain, layanan iklan Facebook juga dihitung berdasarkan trafik, baik klik maupun impresi. Dari total pendapatan iklan Facebook, sebanyak 49 persen berasal dari iklan Mobile. Kejadian system down kemarin memberikan dampak eror pada semua platform Facebook, tak terkecuali web.


Kemarin, Kamis 19 Juni 2014, para pengguna Facebook mengeluh karena jejaring sosial itu tidak bisa diakses. Saat ingin masuk ke akun Facebook, para pengguna mendapatkan pesan 'Maaf, ada sesuatu yang salah. Kami sedang berupaya untuk memperbaiki masalah ini". Keluhan para pengguna Facebook diteriakkan di situs mikroblogging Twitter. Tidak heran jika dalam kurun beberapa menit, hashtag #FacebookDown langsung menghiasi posisi puncak trending topic.


Juru bicara Facebook, Jay Nancarrow menyebutkan jika situs tersebut mengalami masalah saat sedang melakukan pembaruan konfigurasi sistem software yang ada. Namun begitu, Facebook dengan cepat mengatasinya sehingga sistem hanya eror selama 20 menit. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya