Facebook Down 20 Menit, Terlama Sepanjang Sejarah?

Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • financenews24.com
VIVAnews
Sudah Menjenguk, Ayah Chandrika Chika Gak Nyangka Anaknya Pakai Narkoba
- Jejaring sosial terbesar di dunia itu telah kembali aktif setelah down selama lebih dari 20 menit. Namun hingga kini belum ada konfirmasi apapun dari pihak terkait.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Beberapa pengamat menganggap hal ini sebagai hal terburuk yang pernah dialami Facebook. Pasalnya, menurut Samuel Gibbs dari
Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu
The Guardian , down-nya sistem Facebook selama 20 menit merupakan yang terlama sepanjang sejarah.


Dikutip melalui laman
The Guardian
, Kamis 19 Juni 2014, Gibs mengatakan bahwa ini merupakan kali pertama Facebook mengalami down di seluruh jaringan dunia dalam waktu yang lama. Meski pernah mengalami system down, namun Facebook bisa mengatasinya dengan cepat. Biasanya kejadian ini hanya berlangsung tidak lebih dari satu atau dua menit sehingga para pengguna Facebook sering tidak menyadari.


"Dulu, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg pernah mengatakan dengan sangat meyakinkan jika jejaring sosial buatannya tidak akan pernah down. Sistem mereka akan jauh dari kata 'crash'," ujar Gibs.


Meski Guardian menyebutkan downnya Facebook di seluruh dunia kali ini yang terlama sepanjang sejarah Facebook, namun saat ditelusuri, VIVAnews menemukan artikel yang ditulis pada 24 September 2010, di antaranya Mashable danĀ  Huffington Post, diketahui Facebook pernah mengalami down selama 2,5 jam. Dikatakan, peristiwa itu merupakan yang terburuk dalam 4 tahun sejak kemunculan jejaring sosial itu. Kala itu, server Facebook error sehingga menyebabkan Facebook Automated System menjadi korup dan menyebabkan kerusakan.


Hebatnya, saat Facebook mengalami down hari ini, trafik ke Twitter justru meningkat dengan pesat. Para pengguna Facebook disinyalir menggunakan Twitter untuk 'mengeluh' kepada @Facebook.


Mengingat lamanya waktu down yang dialami Facebook, banyak meme yang bertebaran untuk memperolok Facebook. Dikatakan Facebook sedang 'beristirahat', Facebook ingin meningkatkan produktivitas karyawannya dengan berhenti Facebook-an, dan meme lainnya.


Data 2013 menunjukkan pengguna Facebook di Indonesia telah lebih dari 41 juta orang dari 241 juta penduduk. Pengguna aktif Facebook setiap bulannnya mencapai 1,23 miliar. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya