Ini 'Senjata' Smartphone Fire Amazon Selain Efek 3D

Spesifikasi Smarphone Amazon Fire
Sumber :
  • Amazon
VIVAnews
Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne
- Tidak hanya dilengkapi dengan tampilan teknologi tiga dimensi, Fire juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi penting lain. Bahkan 'jeroan' Fire juga terbilang cukup mumpuni.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Hanya dengan US$199 pengguna Fire bisa memiliki ponsel yang digadang-gadang lebih bagus dari Samsung Galaxy S5 maupun iPhone 5S dari sisi tampilan. Untuk tangkapan gambar, saat peluncuran Fire, Jeff Bezos menunjukkan gambar yang lebih jernih meski hanya menggunakan kamera resolusi 13 MP. Ternyata lensa f/2.0 yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer (OIS) dianggap mampu memberikan tampilan yang lebih jernih meski dalam kondisi kurang cahaya.
Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States


Dilansir melalui ZDNet, Kamis 19 Juni 2014, spesifikasi lain yang menyertai Fire adalah prosesor quadcore 2.2 GHz untuk kinerja yang supercepat. Untuk urusan grafis, Fire dipersenjatai dengan prosesor GPu Adremo 330. Kapasitas RAM yang dibenamkan mencapai 2 GB.


Layar berukuran 4.7 inci yang disematkan di bodi depan Fire dilengkapi teknologi layar IPS resolusi 1.280x720, retina display dengan 315 piksel per inci. Memiliki kekontrasan yang dinamis dan mumpuni untuk menangkap gambar di luar ruangan. Layar yang digunakan Fire merupakan jenis Gorilla Glass versi 3 yang memiliki bingkai karet dan kaca antigores.


Terdapat banyak sensor yang disematkan di Fire. Mulai dari sistem sensor Dynamic Perspective untuk mendukung tampilan 3D yang dilengkapi iluminasi infrared transparan, ada juga gyroscope, akselerometer, magnetometer, barometer, sensor jarak dekat, dan ambient-light sensor. Sistem operasi yang disusung adalan Fire OS veri 3.5. Untuk urusan daya tahan, Amazon memberikan Fire baterai 2400 mAh yang menjanjikan waktu bicara 22 jam dan 285 jam siaga. Baterai kapasitas sebesar itu juga diklaim bisa me-playback video selama 11 jam atau memutar musik selama 65 jam berturut-turut.



Senjata Amazon di Aplikasi


Dikutip melalui Forbes.com, aplikasi yang dibenamkan Amazone ke Fire kebanyakan untuk mendukung akses langsung ke toko online Amazon. Salah satu yang paling kentara adalah Mayday, aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menghubungi Amazon melalui format video. Jika hubungan dilakukan melalui Fire lewat Mayday, Amazon berjanji untuk merespon tidak lebih dari 15 detik.


Aplikasi lain adalah ASAP, sebuah fasilitas yang memungkinkan pengguna mengunduh konten video dari server Amazon untuk disimpan di Fire. Video yang bisa diunduh adalah dari koleksi Prime Instant Video milik Amazon.


Jika penyimpanan Fire dirasa tidak mencukupi maka pengguna bisa menggunakan layanan Cloud Drive Amazon. Cloud Drive merupakan fasilitas penyimpanan berbasis internet. Selama ini Amazon juga dikenal sebagai penyedia Cloud Server, memungkinkan penggunanya mendapatkan ruang penyimpanan tanpa batas.


Prime Music juga disediakan Amazon untuk pengguna Fire. Di sini para pengguna bisa mendapatkan jutaan daftar lagu yang bisa diunduh maupun ditonton secara streaming.


Beberapa layanan yang dimunculkan di Fire bisa digunakan asalkan membayar proses pembaharuan keanggotaan Amazon Prime untuk setahun, sebesar US$99.


Tombol khusus FireFly untuk mengenali objek melalui suara, teks atau gambar dianggap sebagai sesuatu yang baru dan menarik. Namun untuk urusan aplikasi, Amazon masih mendapatkan keraguan dari banya pihak. Pasalnya, menurut BBC, jumlah apps yang dimiliki Amazon baru 240.000. Bahkan banyak di antara aplikasi itu yang juga terdapat di Google Play. Rata-rata aplikasi yang ada di Amazon Apps mendapatkan rating buruk di Google Play. Google Play sendiri saat ini telah memiliki 1,2 juta aplikasi.



Nasib Tablet Amazon

Sebelumnya, Amazon masih mengandalkan penjualan tablet Kindle-Fire untuk tambahan revenue. Sayangnya penjualan tablet Kindle Amazon terus mengalami penurunan. Riset IDC menunjukkan Amazon melariskan satu juta Kindle Fire pada kuartal pertama tahun ini. Angka ini turun dibanding penjualan Kindle di periode sama tahun lalu, yang mencapai 1,8 juta unit.


Data ini mengindikasikan jika pangsa pasar tablet Amazon masih sekitar 1,9 persen. Turun setengah dibanding pangsa tahun lalu.


Nasib Amazon di ranah tablet bisa jadi akan berimbas pada nasib mereka di industri ponsel pintar. Industri smartphon dinilai lebih ramai dengan banyaknya manufaktur yang bersaing di segala segmen.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya