ISSpresso, Mesin Minum Kopi Astronot di Antariksa

Chris Hadfield memainkan lagu Space Oddity di ISS
Sumber :
  • youtube.com
VIVAnews - Menjelajah di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) yang berada 435 kilometer di atas Bumi, membuat para astronot merasa jauh dari rumah. Agar tak merasa jenuh dan kesepian, perusahaan minuman kopi Italia tengah menyiapkan mesin khusus agar para astronot dapat menikmati minum kopi di tengah aktivitas mereka.
Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Dilansir dari Cnet edisi Senin 16 Juni 2014, perusahaan merchant kopi terkenal asal Italia, Lavazza, akan menyediakan mesin khusus yang dinamai ISSpresso. 
LSM Asal AS ini Diduga Ikut Campur Tangan Pemilu di Banyak Negara

Bekerjasama dengan insinyur Argotec--sebuah perusahaan pemasok makanan di ISS mitra Badan Antariksa Eropa (ESA)-- Lavazza merancang mesin kopi ISSpresso untuk memberikan sensasi santai di ruang angkasa. 
2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Mengingat mesin ini akan hadir di ruang angkasa, pembuatnya pun harus menyesuaikan dengan hukum gravitas nol. Bentuk mesin pun disesuaikan, tak serumit mesin sejenis di Bumi, mesin di ruang angkasa akan lebih simpel berbentuk kapsul. 

Modifikasi pun dilakukan pada ISSpresso. Untuk menangani cairan bertekanan tinggi pada ruang angkasa, pipa plastik pada mesin kopi normal diganti dengan tabung baja.

"Tabung plastik diganti dengan tabung baja khusus agar mampu menahan tekanan lebih dari 400 bar," jelas Argotec. 

Mesin ISSpresso beroperasi dengan menyedot air dalam tekanan sistem listrik yang unik. Kemudian air dipanaskan. Lalu, mesin mencampur butiran kopi dengan air panas tadi. Akhirnya air kopi yang telah dibuat disalurkan ke dalam kantong plastik. 

Kemudian kopi disajikan dalam kantong tertutup dan memungkinkan para astronot minum kopi melalui sedotan. 

Mesin pembuat minuman kopi itu memiliki bobot 20 kilogram, lebih ringan 9 kilogram dari mesin kopi normal.

Namun, itu pun masih tergolong berat karena di dalam ISSpresso ada back up komponen penting untuk memastikan keamanan mesin. Spesifikasi mesin itu juga telah memenuhi standar yang disepakati Badan Antariksa Italia. 

Mesin ISSpresso saat ini tengah diuji pada laboratorium Argotec. Rencananya, mesin ini akan dikirim ke ISS pada November nanti.

"Kopi Italia merupakan minuman tanpa batas dan kami telah berpikir mengirimkan sari kopi ke ruang angkasa untuk beberapa waktu," kata Giuseppe Lavazza, Wakil Presiden Lavazza.

Direktur Manajer Argotec David Avino menilai, astronot tak hanya butuh makanan dan minuman sebagai kebutuhan primer. Mesin ini diharapkan juga mendukung dan memenuhi kebutuhan psikologi para awak.

Menurutnya, menikmati kopi ala Italia merupakan cara yang tepat lebih merasa suasana di rumah. "Cara ini tepat untuk memberikan menu pada setiap astronot, membantu mereka merasa lebih dekat dengan rumah," ujar Avino. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya