Kitkat Mulai Unjuk Gigi Gerogoti Jellybean

Ilustrasi logo Android KitKat
Sumber :
  • theverge.com
VIVAnews
Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini
- Masalah virus dan kelemahan pada sistem operasi Android rupanya tidak terlalu mempengaruhi pasar. Buktinya, versi terbaru OS Android mulai menggerogoti OS terdahulunya.

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

Menurut data terbaru Google, sistem operasi Android versi 4.4 telah memasuki pasar dengan presentase double-digit. Versi Android bernama KitKat itu telah meraih porsi 13,6 persen pangsa pasar Android.
Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI


Dilansir melalui
Cellular News
, Selasa 10 Junit 2014, meski JellyBean masih mendominasi dengan pangsa pasar di atas 50 persen namun angkanya terus menurun. Sebelumnya, JellyBean sempat menguasai 60 persen pangsa pasar Android.


Sistem operasi lain, yaitu Ice Cream Sandwich masih memiliki pangsa pasar sekitar 12,3 persen. Sistem operasi ini merupakan generasi pertama untuk versi untuk varian di atas 4.x.


Jika ditelusuri lebih lanjut, Google mengungkapkan bahwa masih ada sekitar 15 persen pengguna yang masih menggunakan software Android versi lama. Namun angka itu terus menurun seiring dengan handset yang tidak lagi berfungsi. Banyak juga pengguna yang terpaksa melakukan upgrade karena para pengembang aplikasi mulai meninggalkan platform lama.


Isu utamanya adalah Google masih akan melanjutkan pengembangan sistem operasi mereka. Sayangnya, Google tidak menyertakan cara dan mekanisme upgrade untuk pengguna. Bahkan beberapa hardware handset tidak lagi kompatibel dengan versi terbaru sistem operasi Google.


Biasanya, sistem operasi terbaru akan muncul sebelum 3 versi di bawahnya ditinggalkan. Bahkan saat Kitkat muncul, JellyBean belum beberapa lama diluncurkan oleh Google di pasar.


Android saat ini telah menguasai 70 persen pangsa pasar. Akhir tahun ini mereka menargetkan pangsa pasar 80 persen dari total smartphone yang ada. Data IDC menunjukkan dari total 1,2 miliar unit ponsel yang ada di pasaran tahun 2014 ini, sebanyak 997 juta unit diprediksi merupakan ponsel berbasis Android. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya