75% Orang Amerika Percaya Manusia Baru Ada 10 Ribu Tahun Lalu

Museum teori evolusi Darwin
Sumber :
  • atlasobscura.com
VIVAnews - Keyakinan penciptaan manusia dan bumi orang Amerika telah berubah dalam beberapa dekade terakhir. 

Dalam jajak pendapat terbaru Gallup, tercatat tiga dari empat orang Amerika meyakini tuhan telah menciptakan bumi dan anatomi manusia modern lebih belakangan, yakni kurang dari 10 ribu tahun lalu, melansir LiveScience. Senin 9 Juni 2014.

Pandangan baru ini disebut dengan pandangan penciptaan bumi muda, yang meyakini kehidupan diciptakan sekitar 6 ribu hingga 10 ribu tahun lalu, bukan jutaan tahun lalu. 

Jajak pendapat juga menemukan persentase orang yang meyakini manusia berevolusi tanpa tuhan telah meningkat dua kali lipat, sedangkan persentase orang yang percaya Tuhan turut ikut campur dalam proses evolusi justru mengalami penurunan. 

Jajak pendapat itu merupakan bagian dari survei Nilai dan Keyakinan. Gallup mewawancarai 1.028 responden secara acak melalui ponsel dan meminta responsen menilai tiga deskripsi yang erat dengan keyakinan mereka. 

Responden diminta berpendapat soal deskripsi manusia telah berkembang selama jutaan tahun lalu dengan evolusi yang dipandu oleh tuhan, manusia berevolusi selama jutaan tahun lalu tapi tuhan tak turut ikut campur. 

Sedangkan deskripsi ketiga yaitu tuhan telah menciptakan manusia dalam bentuk yang cukup banyak dalam 10 ribu tahun terakhir. 

Hasilnya sekitar 42 persen responden menyertai pandangan penciptaan yang disajikan, dan 31 persen mengatakan tuhan turut memandu proses evolusi. Hanya 19 persen responden mengatakan mereka meyakini evolusi berjalan tanpa ada campur tangan tuhan. 

Jajak pendapat menemukan keyakinan agama berada di balik kepercayaan penciptaan itu. Dua pertiga responden yang giat menghadiri acara keagamaan mingguan dilaporkan meyakini pandangan bumi muda.

Bandingkan dengan 23 persen responden yang tak pernah pergi ke gereja juga mengatakan hal yang sama. 

Polling juga menemukan lebih dari seperempat responden yang bergelar sarjana meyakini padangan penciptaan tersebut, berbanding 57 persen responden yang berlatar belakang SMA yang berpandangan sama. 

Kepercayaan orang Amerika dalam hal penciptaan sangat bertentangan dengan konsensus ilmiah. Hampir semua ilmuwan yang mempelajari asal usul manusia percaya manusia evolusi telah muncul sekitar 2,5 juta tahun lalu.

Orang Amerika tercatat sangat konsisten terkait dengan keyakinan supranatural. Pada survei Pew 2013 lalu, 80 persen orang Amerika mengaku percaya pada keajaiban. 

Di sisi lain orang Amerika juga menghormati hasil temuan ilmu pengetahuan. Penelitian National Science Foundation 2014, tercatat hanya tiga dari empat orang Amerika yang mengetahui bumi berputar mengelilingi matahari dan sebagian besar tak mengetahui inti bumi adalah panas serta tak mengetahui sperma dapat menentukan jenis kelamin bayi. 
Nurul Ghufron Disesak Mundur karena Kembali Bikin KPK Gaduh
Halal bihalal serikat pekerja

Halal Bi Halal Serikat Pekerja Pelindo, Serukan Semangat Konsolidasi

Ketua Umum SPPI Dodi Nurdiana, menjelaskan tantangan ke depan menuntut konsolidasi kekuatan pekerja pelabuhan untuk menyeimbangkan antara kepentingan pekerja dengan lainn

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024