Google Glass Bisa Jadi Alat Sniper

Google Glass Shot View
Sumber :
  • TrackingPoint

VIVAnews - Setelah menggelontorkan Google Glass untuk para fashionista, Google Glass juga bisa digunakan untuk kepentingan militer. Jika dihubungkan dengan aplikasi, Google Glass bisa jadi alat pembunuh berbahaya.

Dilansir melalui Time, Kamis 5 Juni 2014, sebuah perusahaan teknologi bernama Tracking Point berhasil membuat sebuah aplikasi bernama Shotview. Aplikasi khusus untuk Google Glass ini bisa dihubungkan dengan kacamata canggih tersebut dan sebuah senapan khusus. Ketiganya bisa berfungsi untuk menembak tepat sasaran.

Dalam video yang diunggah Tracking Point, senapan yang digunakan bukanlah senapan sembarangan. Senapan itu dilengkapi dengan kamera yang bisa menghantarkan video mengenai keadaan sekitar ke Google Glass.

Gibran Rakabuming Ikuti Arahan Prabowo Subianto Soal Pembatalan Aksi Damai di Gedung MK

Transfer video dari kamera ke Google Glass dilakukan dengan menggunakan wifi. Dari situ, penembak bisa mengarahkan tembakannya ke sasaran dengan menggunakan fokus otomatis di kamera.

Hebatnya, penembak tidak perlu melihat target untuk bisa tepat sasaran. Cukup melihat fokus pada Google Glass saja. Meskipun berada di kondisi tertutup sekalipun, jika kamera di senapan itu bisa melihat seluas mungkin, penembak bisa langsung tepat sasaran.

Sistem ShotView sejatinya telah lama ada dan bisa digunakan di smartphone atau tablet. Siapa pun bisa mengunduh aplikasi ini melalui situs resmi Tracking Point. Namun, aplikasi lama tidak bisa digunakan dengan Google Glass dan pihak Tracking Point mengaku tidak berencana untuk membuatnya secara umum.

Dikutip dari Huffington Post, Tracking Point bukan satu-satunya aplikasi militer yang sedang dikembangkan untuk Google Glass. Peneliti dari Ohio Air Forces saat ini sedang mengerjakan proyek bernama Batman untuk Google Glass.

Aplikasi ini memungkinkan komunikasi di bawah tanah sampai jarak maksimal ketinggian pesawat. Bisa digunakan untuk kepentingan militer atau keselamatan manusia. (art)

Piala Asia U-23 Pakai Head to Head atau Selisih Gol? Ini Syarat Timnas Indonesia ke Perempat Final
Detik-detik Serangan Israel ke Iran (Doc: Fox News)

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

Israel telah mengatakan kepada Amerika Serikat (AS) sebelum melancarkan serangan balasan ke Iran. Namun AS disebut tak setuju.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024