Tri Gelar Uji Coba Teknologi LTE

Ilustrasi 4G LTE
Sumber :
  • cnmeonline.com
VIVAnews - 3 (Tri), Operator GSM yang dikelola PT Hutchinson 3 Indonesia menggelar Uji Coba teknologi LTE (Long Term Evolution-3GPP 4G) pada frekuensi 1800 Mhz.  
Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Uji coba berlangsung selama tiga bulan sejak 1 Mei hingga 31 Juli 2014 di DI Yogyakarta dan Bali, dengan mengacu pada izin  uji coba teknis LTE dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tertanggal 10 April 2014.
Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

“Kami optimistis uji coba ini berjalan dengan baik. Infrastruktur dan teknologi yang kami miliki semuanya telah berstandar dan siap mengaplikasikan teknologi LTE," jelas Manjot Mann Presiden Direktur Tri dalam keterangan tertulis, hari ini. 
Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Mann menambahkan guna menerapkan LTE, setidaknya terdapat dua elemen krusial yang dibutuhkan, yaitu kesiapan perangkat dan spektrum. Untuk pengadaan perangkat, pihaknya menyatakan telah siap, pasalnya perusahaan ini telah berinvestasi dalam hal perangkat. 

"Sekarang kami menunggu langkah pemerintah untuk menentukan realokasi spektrum yang akan dipergunakan oleh Indonesia untuk teknologi LTE. Seperti layaknya yang sudah diaplikasi global market, Tri berharap LTE dapat diaplikasikan di spektrum 1.800 Mhz ,” ujarnya.
 
Tri mengakui bahwa ada beberapa tantangan serius yang harus dihadapi dalam menggenapi peran Tri sebagai salah satu pemain utama di pasar ini, salah satunya adalah regulasi pemerintah berkenaan dengan spektrum. 

Dengan peran spektrum sebagai salah satu sumber daya penting dalam penyediaan layanan data, Tri berharap ke depannya pemerintah bisa menetapkan aturan yang menciptakan kompetisi sempurna bagi seluruh pihak yang terkait. 

“Harapan kami tentunya pemerintah mampu bijak dalam menetapkan alokasi jatah spektrum yang sesuai porsi bagi seluruh provider telekomunikasi,” imbuh Mann.
 
Sejauh ini Tri kini memiliki dukungan infrastruktur bidang layanan data dengan kekuatan 33.219 BTS (per kuartal pertama 2014). Secara rinci terdiri atas 18.707 unit BTS 2G dan 14.512 node B, dengan 70 persen di antaranya memiliki kapasitas jaringan hingga 42 Mbps.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya