Dapat Restu, Virgin Galactic ke Luar Angkasa Akhir 2014

Ilustrasi Pesawat Virgin Galactic
Sumber :
  • Spaceport America
VIVAnews
Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
- Perusahaan komersial Virgin Galactic telah mendapatkan restu penerbangannya ke luar angkasa dari Federal Aviation Administration (FAA). Peluncuran akan dilakukan akhir tahun 2014.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Sang empunya Virgin Galactic, Richard Branson memang berhasrat untuk membuka penerbangan komersil pertama yang mengambil rute ke luar angkasa.

Menurut berita Daily Mail, Sabtu 31 Mei 2014, Branson telah menandatangani kesepakatan dengan otoritas penerbangan AS untuk melegalkan pelanggan mereka membayar perjalanan ke ruang angkasa pada SpaceShipTwo.

"Tim kami sedang bekerja keras untuk memulai secara rutin untuk memungkinkan meluncurkan dari Spaceport America. Perjanjian ini membawa kami satu langkah lebih dekat dengan tujuan kami," ujar CEO Virgin Galactic, George Whitesides.

Dalam perjanjian tersebut dijelaskan bagaimana FAA akan berkoordinasi dengan Spaceport America, tempat lepas landas antariksa  komersial di New Mexico di mana Virgin Galactic akan meluncurkan penerbangannya.

Pangkalan itu juga akan bekerja sama dengan Air Route Traffic Control Centre, agar dapat memantau wilayah udara untuk bisa melakukan peluncuran.

Namun saat ini SpaceShipTwo harus menjalani uji kelayakan penerbangan lebih lanjut di Mojave Air dan Spaceport untuk mengetes keamanannya sebelum pindah ke Spaceport America.

"Jadwal penerbangan SpaceShipTwo akhir tahun ini tergantung hasil dari tes penerbangan tersebut," ungkap Branson, dikutip NBC News.

Penerbangan ini akan dimulai akhir tahun ini dan 600 orang sudah mendaftar diri dengan membayar US$250.000 atau Rp2,9 miliar per orang.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024