Microsoft Siapkan Penerjemah di Skype

Skype
Sumber :
VIVAnews
Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting
- Untuk mengatasi perbedaan bahasa yang dialami para pengguna Skype, Microsoft akan meluncurkan teknologi translator di Skype akhir tahun 2014.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Fitur baru ini akan didukung oleh teks yang tertera di video dan audio yang terdengar. Dari situ akan terlihat bahasa yang ingin kita mengerti. Diharapkan fitur ini dapat menghubungkan komunikasi setiap orangnya di berbagai negara yang menggunakan bahasa berbeda.
Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku


"Sejak kami mulai berbicara, kami ingin melintasi batas bahasa," kata CEO Microsoft, Satya Nadella, dilansir
The Verge
, Rabu 28 Mei 2014.


Penerjemahan melalui video ini merupakan cabang dari proyek penelitian yang dilakukan Microsoft untuk menunjang percakapan antar bahasa. Microsoft Reasearch memanfaatkan jaringan syaraf tiruan sehingga dapat mengenali suara yang dialihkan menjadi teks.


Untuk mendengarkan terjemahannya cukup dengan menunggu lawan bicara kita selesai berbicara. Setelah mereka selesai berbicara maka akan terdengar suara dan teks bahasa yang diinginkan.


Pengerjaan teknologi ini sudah berlangsung selama satu dekade dan sempat didemonstrasikan oleh mantan Kepala Penelitian Microsoft, Rick Rashid di Tianjin, Tiongkok tahun 2012. Pada saat itu, Rashid memperlihatkan pembicaraan dalam bahasa inggris dapat diterjemahkan ke bahasa mandarin melalui Skype.


Perusahaan yang didirikan Bill Gates ini berencana akan menambah lebih banyak lagi bahasa yang dapat diterjemahkan. Fitur ini nantinya dapat digunakan di Skype melalui komputer dan perangkat apa saja. Untuk saat ini, Skype Translator tersebut baru tersedia untuk Windows 8.


Menurut Recode, Gurdeep Singh Pall selaku Global Head Skype dan VP Microsoft, Skype menangani lebih dari tiga perempat triliun percakapan setiap menitnya dalam setahun. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya