Pemerintah Tiongkok Tolak Windows 8

Logo Windows XP
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Pusat Pengadaan Barang Pemerintah Tiongkok melarang penginstalan Operating System (OS) Windows 8 di setiap komputer pemerintahan. Hal tersebut menjadi pukulan telak bagi Microsoft yang telah bersusah payah memasarkan sistem operasi baru buatan mereka.

"Microsoft telah bekerja proaktif dengan Pusat Pengadaan Pemerintah dan instasi pemerintah lainnya sebagai bentuk evaluasi, produk dan layanan kami memenuhi semua persyaratan pengadaan pemerintah. Kami masih akan menyuplai Windows 7 ke pemerintahan Tiongkok dan dalam waktu yang bersamaan kami juga akan terus mengevaluasi Windows 8 agar bisa memenuhi syarat mereka," kata pihak Microsoft dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Rabu 21 Mei 2014.

Disinyalir, boikot pemerintah Tiongkok terhadap Microsoft Windows 8 itu merupakan dampak dari berakhirnya kerjasama di antara keduanya. Sebelumnya, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itu mengakhiri dukungan kepada pemerintah Tiongkok untuk pengadaan sistem operasi windows XP yang sudah digunakan secara luas.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Penghentian penggunaan Windows XP di Tiongkok juga untuk mempercepat adopsi Windows 8 yang dianggap lebih aman. Namun pemerintah Tiongkok menganggap update Windows XP ke Windows baru akan berpotensi membuat pengguna XP lebih rentan disusupi virus dan hacking.

"Windows 8 terlalu mahal. Pemerintah pusat sudah negosiasi dengan Microsoft, tapi gagal mencapai kesepakatan harga," ujar anggota staf yang enggan disebutkan namanya. Selain harganya yang mahal, pemerintah Tiongkok juga mengemukakan alasan terkait produk hemat energi yang tidak dimiliki Windows 8.

Melansir PC World, media lokal setempat menyebutkan pemerintah sedang membangun OS buatan sendiri sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada perusahaan asing.

Menurut mantan CEO Microsoft Steve Ballmer, sudah sedari lama pangsa di Tiongkok menyusahkan Microsoft karena maraknya pembajakan di negara tersebut. Hal itu mengakibatkan pendapatan yang minim bagi perusahaan perangkat lunak tersebut. Bahkan pendapatan Microsoft di Tiongkok berada di bawah Belanda.

Menurut data situs analisis internet CNZZ.com, hampir 50 persen pasar desktop di Tiongkok menggunakan Windows XP. Sedangkan penggunaan Windows 8 masih tergolong sedikit. Bahkan pangsa pasarnya kurang dari 2 persen di Tiongkok. (ita)

Viral, warung kelontong di Spanyol mirip di Indonesia.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Seorang netizen asal Indonesia membagikan pengalamannya berbelanja di warung kecil di salah satu negara Eropa, Spanyol. Ternyata warung di sana seperti di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024