Tablet Samsung Makin Hantui Apple

Tablet buatan Samsung dan Apple
Sumber :
  • Reuters/Jo Yong-Hak

VIVAnews - Pangsa pasar smartphone makin dikuasai oleh Apple dan Samsung. Meski Apple masih menduduki posisi pertama, Samsung makin dekat untuk menggesernya.

Jika digabungkan, Apple dan Samsung, keduanya memiliki pangsa pasar 71 persen dari 41,3 juta tablet yang beredar secara global pada kuartal pertama 2014. Setidaknya itulah prediksi ABI Research terkait dengan pangsa pasar tablet di seluruh dunia.

"Data penjualan tablet Samsung yang baru pada kuartal ini merupakan pertanda baik bagi pasar mobile computing. Samsung terus menunjukkan pertumbuhan yang baik sejak 2013," ujar Direktur Praktisi Senior ABI Research, Jeff Orr, seperti dikutip Cellular News, Senin 19 Mei 2014.

"Tidak heran jika mereka semakin percaya diri secara ekonomi maupun bisnis. Pertumbuhan ini terlihat cukup besar di wilayah Amerika Utara dan Eropa Barat," kata dia.

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

Dalam kurun tiga bulan pertama 2014 memang menunjukkan kenaikan di Samsung. Penjualan tablet Apple hanya mencapai 16,4 juta unit atau turun 10,1 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Apple mau tidak mau memberikan 10 persen pangsa pasarnya kepada Samsung yang total penjualannya telah mencapai 13 juta unit. Pangsa pasar Samsung naik 10,8 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Selain Apple dan Samsung, Asus berada di posisi selanjutnya dengan total pejualan 2,1 juta unit, atau turun 0,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Data Asus ini termasuk di dalamnya adalah pengapalan Google Nexus 7.

Dari sisi sistem operasi, kombinasi penjualan untuk kedua sistem operasi ini menunjukkan tanda adanya kestabilan pertumbuhan dengan sedikit perubahan pangsa pasar. Android tetap memimpin pengapalan tablet baru dengan 56,3 persen pada kuartal pertama ini, diikuti oleh iOS di angka 39,6 persen dan Windows 8/RT sebesar 4,1 persen. (art)

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI
Alyssa Soebandono

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Menyambut kelahiran anak pertama, Alyssa Soebandono merasa sangat antusias. Diungkap Dude, Istrinya itu sampai membeli baju-baju untuk anak perempuannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024