Raja Saudi Dengarkan Keluh Kesah Warga Melalui Internet

Raja Arab Saudi, Abullah Al-Saud
Sumber :
  • Vebidoo

VIVAnews - Seorang pemimpin sebuah negara tentu ingin tetap berinteraksi dengan warganya disaat mengerjakan tugas negara. Sebuah langkah yang unik dan inovasi dilakukan Raja Arab Saudi yang dapat berinteraksi dengan warga lewat dunia maya.

Saat ini warga Arab Saudi dapat menyampaikan segala pesannya terhadap pemimpinnya, Raja Abdullah, tanpa harus terbelit dengan birokrasi yang ada dan bertemu secara langsung, yakni melalui internet.

Sebuah laman khusus bernama Tawasol (tawasol.royalcourt.gov.sa) dibuat oleh kerajaan untuk warga yang ingin menyampaikan keluh kesahnya kepada Raja Abdullah.

Dikutip laman BBC, Minggu 4 Mei 2014, situs tersebut merupakan fasilitas yang disediakan atas inisiatif Raja Abdullah yang tertarik untuk mendengarkan ide, saran, ataupun keluhan warganya secara langsung.

"Orang-orang dapat memberitahu Raja tentang segala kekurangan dalam layanan yang ditawarkan lembaga pemerintah dan mengetahui tindakan yang tepat sesuai kepentingan semua warga negara," yang tertulis di laman Tawasol.

Pesan yang disampaikan warga Arab Saudi di Tawasol akan dikelola oleh staf yang mengurusi laman tersebut. Namun jangan khawatir, karena pesan-pesan ini akan ditersukan kepada raja.

Warga yang ingin mengeluarkan pendapat mereka langsung kepada raja, tinggal mengakses tawasol.royalcourt.gov.sa, lalu masukan nomor ID di kartu identitas nasional Arab Saudi.

Dekan Universitas Raja Abdulaziz, Abdelelah Saaty mengatakan ini merupakan hal positif. "Website ini akan berkontribusi untuk menyampaikan suara warganya dalam kemajuan negara Arab Saudi," katanya.

Menurut Mashable, komunikasi Raja Abdullah dengan warganya melalui internet ini menjadi langkah yang penting untuk mengembalikan kepercayaan warga terhadap kerajaan. Pasalnya, sebelumnya Saudi melarang penggunaan aplikasi Viber dan WhatsApp, serta menyaring secara ketat laman-laman yang berhubungan dengan pornografi, topik LGBT, dan hak asasi manusia. (umi)

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024