Payung Pintar Ini Bisa Deteksi Curah Hujan

Payung Pintar
Sumber :
  • BBC
VIVAnews - Teknologi membuat kinerja manusia menjadi semakin mudah. Seperti halnya hujan. Saat ini curah hujan dapat dideteksi melalui payung yang digunakan sehari-hari.
Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Melansir BBC, Jumat 2 Mei 2014, orang yang berjasa dalam penemuan ini adalah Rolf Hut, dari Delft University of Technology, Belanda. Ia menciptakan teknologi tersebut untuk memudahkan informasi mengenai cuaca hujan dengan sumber yang berasal dari masyarakatnya sendiri, melalui payung yang digunakan tanpa mengandalkan alat pengukur ilmiah.
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

"Biasanya alat pengukurnya mengambil tetesan hujan yang ada di tanah dan untuk perawatan benda tersebut sangat mahal," kata Hut.
Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Payung pintar ini mempunyai sensor di permukaan payung yang dapat mendeteksi ketika air mengenainya. Setelah itu, perangkat bluetooth di payung ini akan mengirimkan informasi melalui telepon yang dapat diakses di komputer.

Sensor yang bernama piezo ini akan mengukur berdasarkan getaran dari seberapa banyak tetesan hujan mengenai payung pintar ini.

Penemuan ini diharapkan menjadi tonggak informasi mutakhir dalam memahami cuaca. "Dengan banyak orang yang menggunakan payung pintar ini, dapat meningkatkan kemampuan untuk memahami hidrologi di perkotaan serta memprediksi segala tindakan bila dilanda cuaca buruk seperti banjir," ungkap Hut.

Sebelumnya, pernah ada pendeteksi curah hujan dengan mengandalkan kaca jendela pada mobil yang secara otomatis menonaktifkan wiper ketika sedang mendeteksi hujan, dan kecepatan wipernya akan menyesuaikan dengan seberapa banyak tetesan air hujan tersebut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya