Terungkap, Pengguna iPhone Lebih Kaya Dibanding Android

Pemetaan pengguna iPhone dan Android di AS
Sumber :
  • Daily Mail
VIVAnews - Ponsel pintar besutan Apple, iPhone dan Android memang menguasai pasar di dunia. Dari semua sisi, kedua ponsel itu saling bersaing, mulai dari pengguna, aplikasi hingga sebaran pemakainya. 
Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Namun dari sisi kantung pemakai dua ponsel itu, sebuah riset terbaru menunjukkan pengguna iPhone lebih kaya dibanding pengguna Android.
Kasus Film Porno Siskaeee Belum Juga Disidang, Ini Kata Polisi

Melansir Daily Mail, Senin 7 April 2014, hal itu terlihat dari pemetaan pengguna iPhone dan Android yang dibuat oleh MapBox, perusahaan pemetaan online dan Gnip, perusahaan agregasi antarmuka pemrograman aplikasi sosial media. 
Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

Peta online itu berdasarkan dari analisa 3 miliar Tweet dari pengguna iPhone maupun Android. 

Pada peta itu, pengguna iPhone terlihat banyak bermukim di kota-kota yang sejahtera di Amerika Serikat da Inggris, sedangkan pengguna Android menempati kota pinggiran yang kalah makmurnya. Pada peta jelas ditunjukkan dominasi warna merah, yang mewakili iPhone dan warna hijau, yang mewakili Android.

Hasilnya, di kota metropolitan, New York memerah, didominasi pengguna iPhone yang menguasai wilayah penting Manhattan, sementara pengguna Android berada di pinggiran kota, kawasan New Jersey. 

Tak jauh beda, di San Francisco, juga memerah. Pengguna iPhone mendominasi di wilayah jantung kota. 

Pada kota Los Angeles, pola yang ditampilkan tak jauh berbeda. Di wilayah ini, pengguna iPhone terkonsentrasi wilayah yang makmur yakni di Baverly Hills.

Sementara di London, tepatnya wilayah penting Central London, didominasi pengguna iPhone, sedangkan Android masih menempati kota pinggiran.

Seiring dengan pola peta tersebut, hal itu juga menegaskan konsumsi aplikasi pengguna iPhone yang lebih banyak dibanding pengguna Android. Meski secara pasar, perangkat Android menguasai 80 persen pangsa pasar di beberapa negara. 

Pengakuan kelas tinggi iPhone itu juga disampaikan pembuat aplikasi. Mereka mengaku mendapatkan pemasukan dua kali lebih banyak dari pengguna iPhone dibanding pengguna Android. 

Berdasarkan angka terakhir, total lebih dari 50 miliar unduhan dari App Store Apple, sementara Google Play hanya mencapai 48 miliar unduhan. 

"Mobile device merupakan peta yang mengungkapkan informasi merek ponsel yang tersimpan saat orang menggunakan aplikasi Twitter," kata MapBox. 

Pola penggunaan tiap kota, imbuh MapBox, seringkali merefleksikan stratifikasi ekonomi.

Disebutkan pemetaan 3 miliar Twitter dilakukan sejak September 2011 dengan mengumpulkan data geotagging tiap cuitan. Meta data itu mengungkapkan pola demografi, budaya dan sosial ke level yang lebih detail.

Data analisa itu kemudian dipasukan dengan data Gnip yang bisa menampilkan antarmuka yang artistik. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya