Kontroversi Anti-Nikah Gay, Bos Mozilla Akhirnya Lengser

Kepala Eksekutif Perusahaan (CEO) Mozilla, Brendan Eich
Sumber :
  • Omicrono.com
VIVAnews - Setelah mendapat kecaman dari masyarakat, Kepala Eksekutif Perusahaan (CEO) Mozilla, Brendan Eich akhirnya menyerah. Ia mundur dari kursi eksekutif perusahaan. 
Lolos ke Senayan, Ibas Yudhoyono Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim VII

"Mozilla bangga memegang perbedaan standar dan kita tak bisa hidup hanya untuk diri kita sendiri," ujar Mozilla dalam keterangan resmi di blog perusahaan melansir The Verge, Jumat 4 April 2014. 
Menaker Ida Sampaikan Pelaksanaan Pemberian THR Lebaran 2024, Tidak Boleh Dicicil

Praktis, usia Eich sebagai CEO hanyalah dua minggu saja, sejak ia menduduki kursi eksekutif pada 24 Maret lalu. Sejak ia terpilih sebagai CEO, gelombang kecaman muncul terhada Eich. 
Salat Tarawih Terlama di Ponpes Magetan, Dimulai Setelah Isya Selesai Waktu Sahur

Sebabnya, ia diketahui mendukung pelarangan nikah unuk pasangan gay pada 2008 lalu. Saat itu, Eich mendonasikan US$1000 kepada gerakan melawan pendukung nikah sesama jenis itu. 
 
"Kami tak bertindak seperti yang Anda harapkan. Kami tak bergerak cepat untuk terlibat begitu kontroversi mulai mencuat. Kami menyampaikan maaf. Kita harus lebih baik," ujar Mozilla meminta maaf. 

Dilaporkan Eich mengajukan pengunduran diri ke dewan Mozilla Foundation. Keputusan mundur itu berbeda dengan keteguhan Eich beberapa hari sebelumnya. Meski ramai kecaman, Eich yakin ia merupakan orang yang tepat sebagai CEO Mozilla. 

Namun tekanan massif itu akhirnya membuat pencipta bahasa pemrograman JavaScript itu tak kuat. Kecaman muncul dari karyawan Mozilla, pengembang sampai anggota masyarakat. 

Melihat situasi tak kondusif itu, perusahaan memutuskan ikut suara masyarakat. Merestui pengunduran diri Eich. 

"Sudah jelas bahwa Eich tak bisa memimpin Mozilla dalam situasi seperti ini," ujar Mitchel Baker, Ketua Eksekutif Mozilla. 

Menurut Baker, seorang CEO dituntut mutlak mempunyai peran memimpin perusahaan dan kondisi Eich saat ini tidak mendukung untuk hal itu. 

Sejauh ini Mozilla belum memutuskan siapa pengganti Eich. Dilaporkan sebelum memilih Eich pada akhir bulan lalu. perusahaan telah mewawancarai 25 kandidat untuk menduduki kursi CEO. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya