Ditemukan, Ikan Aneh dengan 4 Mata Khusus

Ikan memiliki 4 mata
Sumber :
  • dailymail
VIVAnews - Ilmuwan Jerman menemukan spesies ikan langka, memiliki empat mata yang semuanya berfungsi secara khas. 
Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Ikan yang dinamakan dengan Rhynchohyalus natalensis itu hidup bawah laut yang gelap gulita, pada kedalaman 800 hingga 1 Km. 
Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Hewan laut yang dikenal dengan jenis ikan yang mengerikan itu memiliki dua mata utama silinder yang mengarah ke atas. Fungsi dua mata ini untuk memantau mangsa atau bayangan hitam predator di atas ikan. 
Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Sedangkan dua mata tambahan, yaitu mata oval berwarna perak, terletak di sisi kepala. Dua tambahan mata ini memiliki lensa dan retina kedua yang mirip dengan cermin. 

Pada laut dalam, menurut Jurnal Proceedings of the Royal Society, disebutkan mata perak ini berfungsi mendeteksi kedipan cahaya biopendar dari makhluk laut dalam sehingga memberi pandangan ikan pada dua sisi dan bagian bawahnya. 

Cahaya yang datang dari bawah difokuskan pada dua cermin retina yang melengkung. Dengan demikian ikan memiliki bidang pandangan yang lebih besar. Peneliti menyebutkan sepasang mata ekstra itu membantu ikan ini pandangan 360 derajat meski hewan laut ini hidup pada kedalaman laut yang gelap. 

"Jelas, bidang pandangan yang luas merupakan keuntungan bahkan pada kedalaman yang sangat besar," ujar Professor Hans-Joachim Wagner, peneliti Institute of Anatomy dari University of Tubingen, Baden-Wurttemberg, Jerman. Joachim Wagner merupakan peneliti yang menemukan ikan aneh itu, dilansir dari Dailymail.

Hasil penelitian yang cukup mengejutkan yakni pandangan ikan yang tak terduga, ikan ini memiliki mata reflektor yang biasanya hanya ditemukan pada invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang.

Sepanjang ini hewan vertebrata yang memiliki kombinasi mata reflektor yaitu ikan aneh Dolichopteryx longipes. Ikan ini menggunakan kombinasi lensa pantulan dan bias pada matanya. 

Ikan ini tertangkap pada Luat Tasman, Selandia baru selama proyek penelitian internasional. Ikan ini berukuran panjang 18 cm.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya