Gmail Kini Diklaim Lebih Aman dari Penyadapan

Gmail.
Sumber :
  • http://www.theflyper.com
VIVAnews - Google mengumumkan peningkatan keamanan pada layanan Gmail untuk mencegah penyadapan terhadap akun email pengguna.
Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Raksasa Internet itu mengatakan, Gmail saat ini selalu menggunakan enkripsi koneksi HTTPS saat pengguna mengecek maupun mengirim email. Google juga mengenkripsi semua pesan yang bergerak secara internal di server Google. 
Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Melansir The Next Web, Jumat 21 Maret 2014, langkah itu menyusul beberapa bocoran dokumen mantan kontraktor Badan Keamanan AS (NSA), Edward Snowden, tentang upaya penyadapan terhadap akun Internet pengguna. 
Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Sebenarnya, enkripsi itu sudah ada sejak Gmail diluncurkan, bahkan Google sempat mengaktifkan keamanan ini secara default pada Januari 2010. 

Melalui keamanan itu, Google berjanji mulai saat ini pengguna jangan khawatir dengan penyadapan, sebab tidak akan ada orang lain yang dapat mendengar atau melihat pesan pengguna. 

Dengan demikian, Gmail akan menggunakan koneksi paling aman saat pengguna terkoneksi pada jaringan apapun, di lokasi manapun dan pada perangkat apa pun. 

Google menjamin secara ganda pesan Gmail pengguna. Enkripsi akun email Google penggguna bukan hanya terpusat pada pengguna dan server Gmail, tapi Google juga menjamin data di data center Google. 

Google berkilah, tanpa adanya bocoran dokumen itu, perusahaan mengaku sudah ancang-ancang untuk menjaga data di Gmail dan Google. Persiapan enkripsi itu sudah disiapkan oleh Google beberapa tahun sebelumnya.

Meski langkah keamanan Google ini tergolong baru usai ramainya bocoran dokumen rahasia NSA, Google memastikan layanan Gmail dapat diakses oleh pengguna tak khawatir disadap.

Pada 2013, Google mengatakan layanan emailnya masih sangat terpercaya, Buktinya pada tahun itu, kualitas Gmail mencapai 99,97 persen. Artinya sepanjang tahun, Gmail hanya mengalami gangguan tidak lebih dari dua jam. 

Sebelumnya Google membantah telah memfasilitasi NSA dalam program pengawasannya. Google juga membantah NSA telah memiliki akses ke server mereka. Diduga NSA menempuh berbagai cara untuk pengumpulan data dari berbagai perusahaan teknologi dunia lain. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya